Dompet Dhuafa dan BNPB berkoordinasi penanganan gempa bumi Cianjur

id BNPB, Dompet Dhuafa, Gempa Bumi Cianjur

Dompet Dhuafa dan BNPB berkoordinasi penanganan gempa bumi Cianjur

DMC Dompet Dhuafa bersama BNPB berkoordinasi penanganan gempa bumi Cianjur. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Cianjur, Jawa Barat (ANTARA) - Deputi Bidang Pencegahan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Prasinta Dewi, melakukan kunjungan silaturahmi ke Pos Induk DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa yang bertempat di Kantor Berita Cianjur Jl. Gatot Mangkupraja No. 15, Nagrek, Cianjur, Minggu, 27 November 2022.

Ramah tamah pagi itu berlangsung hangat, bertujuan  untuk penyetaraan data, konsolidasi dan arahan penanganan dampak Gempa Bumi Cianjur. 

Prasinta Dewi mengimbau, koordinasi tetap dilakukan agar tujuan penanganan Gempa Bumi Cianjur terus mengalami perkembangan dan tepat sasaran.

“Tujuan kita sama. Kita ini sekarang sedang membangun masyarakat secara bersama-sama. Dalam hal ini pemerintah juga tidak bisa sendiri, maka harus ada kolaborasi antar pihak, lembaga, pengusaha, media, dan tentunya masyarakat. Saat ini dibutuhkan penyetaraan data, agar bantuan tidak menumpuk di satu titik, dan tidak ada lagi kabar terkait penyintas yang belum mendapatkan bantuan,” sebut Prasinta Dewi.

Shofa Qudus selaku GM Disaster Risk Reduction DMC Dompet Dhuafa, menyambut baik kunjungan BNPB ke Pos Induk DMC Dompet Dhuafa di Cianjur.

Ia memaparkan, bahwa selama bertugas, DMC Dompet Dhuafa senantiasa selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan BNPB. Melalui kunjungan ini, DMC akan tetap dan terus membantu penanganan emergency response untuk penyintas Gempa Bumi di Cianjur.

Terkait penanggulangan Gempa Bumi Cianjur, DMC juga telah menggulirkan ragam layanan respon Gempa Bumi Cianjur, juga melakukan update data melalui Situation Report (Sitrep) Release harian yang tergabung dalam JNA (Join Need Assesment). 

Ke depan, respon Dompet Dhuafa terkait early recovery, akan mendirikan MCK dan Musholla Darurat.

Terkini, DMC Dompet Dhuafa telah mengerahkan Layanan SAR dan Evakuasi dengan total 15 jiwa yang ditemukan,  Layanan Kesehatan telah memberi manfaat kepada sebanyak 1.733  jiwa, Layanan Pemulasaran Jenazah telah melayani sebanyak 39 jenazah, Distribusi Logistik berupa makanan digulirkan kepada sebanyak 3.099 jiwa dan 280 jiwa terbantu lewat logistik non-makanan. 

Selain itu, juga ada Layanan Psychological First Aid (PFA) dan Psychological Religi yang telah memberi manfaat kepada 279 jiwa, serta ada  Layanan Aksi Bersih melalui program Bersih itu Sehat (BIS) yang telah memberi manfaat kepada 417 jiwa,  Layanan Dapur Keliling (Darling) dan Corner Gizy (COZY),  Pos Hangat, serta Taman Ceria untuk penyintas anak-anak.

Dalam kesempatan itu, Prasinta Dewi juga menyampaikan apresiasi kepada Dompet Dhuafa, atas segala ikhtiar dalam hal penanggulangan bencana, khususnya saat ini pada respon Gempa Bumi Cianjur.

“Yang bagus itu mereka para relawan, bisa menjangkau sampai ujung lokasi. Kami mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap teman-teman Dompet Dhuafa, telah memiliki kinerja yang bagus dan meluangkan waktu bersama-sama dalam hal penanggulangan bencana. Kami harap, semua akan tetap dan terus punya semangat dalam penanggulangan bencana. Semangat untuk semuanya!” seru Prasinta.

Ya, #IniTentangKita. Dengan upaya dan keyakinan bahwa dukungan kemanusiaan kita turut menguatkan mereka yang membutuhkan. Ikut bantu mereka bangkit melalui https://donasi.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/ 

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

 Berita kerja sama/ADV