Dompet Dhuafa gelar Wakaferse Fair

id Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa Gelar Wakaferse Fair

Dompet Dhuafa gelar Wakaferse Fair

Dompet Dhuafa gelar Wakaferse Fair (ANTARA/HO)

Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Semesta Berwakaf, gerakan yang diusung Dompet Dhuafa untuk menyosialisasi literasi mengenai wakaf yang masih rendah di Indonesia, digelar selama 2 hari, Jumat-Sabtu (25 - 26/11/2022), berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi Manajemen (FEM) IPB University.

Perhelatan ini, digelar di Auditorium Fakultas Ekonomi Manajemen IPB, Dramaga, Bogor. 

Kegiatan ini memberikan literasi kepada generasi Indonesia mengenai Wakaf dan Islamic Social Finance. Agar generasi milenial paham dan siap untuk menjadikan wakaf produktif sehingga memberi manfaat yang luar biasa. 

Rendahnya literasi mengenai wakaf, membuat stigma  wakaf hanya untuk masjid, makam dan madrasah, dan stigma bahwa hanya orang yang sudah mapan yang bisa berwakaf. 

Oleh karena itu, Dompet Dhuafa menggulirkan gerakan Rp10.000 berwakaf, di mana wakaf kini bisa dilakukan sedini mungkin. 

“Wakaf bisa dilakukan sedini mungkin, dengan nominal yang juga tidak dibatasi, maka Dompet Dhuafa juga punya gerakan 10.000 rupiah berwakaf, dengan gerakan ini diharapkan bisa mengajak sebanyak mungkin, generasi milenial artinya dengan kemampuan seberapapun itu bisa berkontribusi untuk bisa berwakaf." Ucap Etika Setiawanti selaku Direktur Resource & Mobilization Dompet Dhuafa.

Sejalan dengan tujuan Wakaferse: Semesta Berwakaf, yang diharapkan bisa memberikan semangat dan energi positif sehingga wakaf ini bisa terus menggema, membumi di seluruh Indonesia, di seluruh semesta untuk terus berwakaf.  

Wakaferse membeberkan manfaat dari wakaf berupa uang yang nantinya akan disalurkan untuk aset wakaf yang produktif di berbagai bidang. Dompet Dhuafa mengelola wakaf dalam 5 pilar: pendidikan, ekonomi, sosial dan dakwah, dan budaya. 

Wakaf bagi yang menunaikan sebagai amal jariyah yang akan terus mengalir.

Prof. Dr. Ir. R Nunung Nuryartono, M.Si  Dekan FEM IPB University menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini dan berharap bahwa dengan kegiatan ini bisa memperkenalkan wakaf agar harta yang ada menjadi sesuatu yang sifatnya produktif.

“Oleh karenanya Mahasiswa IPB Fakultas Ekonomi Manajemen siap untuk menjadikan harta kita semuanya menjadi harta yang produktif sehingga memeberikan kebermanfaatan yang luar biasa, dan melalui islamic sosial finance utamanya wakaf yang akan kita diskusikan kita betul-betul bisa mengimplemetasikannya. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini siap untuk berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa dengan kerja sama-kerja sama yang lebih bisa kita implementasikan bersama,” katanya.

Prof. It. Drajat Martianto, M. Si Rektor Bidang Pendidikan menyampaikan terima kasih.

"Kegiatan yang dilakukan pada hari ini kami ucapkan terima kasih karena terutama memberikan literasi kepada generasi Indonesia mengenai Islamic sosial finance, agar harta milik kita menjadi sesuatu yg produktif, siap untuk menjadikan harta yg produktif sehingga memberikan kebermanfaatan yg luar biasa" ungkap Darat Martianto



TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.