Kereta barang China-Korut kembali beroperasi

id China-Korut,Dandong,isu Korut,kereta China-Korut, krisis Korea,ANTARA Lampung Lampung Update ,ANTARA Lampung, Lampung Lampung

Kereta barang China-Korut kembali beroperasi

Arsip - Jembatan Persahabatan China-Korut dilihat dari Dandong, Provinsi Liaoning, di wilayah timur laut China. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Guangzhou (ANTARA) - Kereta barang yang melintasi jalur perbatasan China dengan Korea Utara kembali beroperasi setelah sempat ditangguhkan akibat munculnya gelombang kasus baru COVID-19 sejak 29 April 2022.

"China dan Korea Utara telah memutuskan pembukaan kembali kereta barang lintas perbatasan antara Dandong dan Sinuiju," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Senin.

Satu rangkaian kereta api penuh barang terlihat dalam foto pada Senin pagi melintasi Jembatan Persahabatan China-Korut, yang menghubungkan Dandong, Provinsi Liaoning, di wilayah timurlaut China dengan Sinuiju, Korut, demikian laporan Kantor Berita Korea Selatan Yonhap.

Ini adalah kabar baik bagi orang-orang yang melakukan bisnis lintas-batas, demikian Global Times, laman berita yang berafiliasi dengan otoritas China, mengutip narasumber terkait normalisasi jalur distribusi barang lintas-batas China-Korut.

Beberapa saat setelah operasi kereta barang kembali normal, barang-barang yang sangat dibutuhkan, seperti obat-obatan dan kebutuhan lainnya segera diangkut.

Operasi kereta barang China-Korut dihentikan pada Agustus 2020 di tengah pandemi COVID-19 lalu dilanjutkan kembali pada 16 Januari 2022 setelah kedua negara dianggap berhasil mengatasi pandemi.

Namun rute itu ditutup kembali pada 29 April karena situasi pandemi di Dandong menuntut pengendalian yang lebih ketat.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kereta barang China-Korut kembali beroperasi