HUT Ke-77, PMI Pringsewu gelar donor darah

id lampung, pringsewu

HUT Ke-77, PMI Pringsewu gelar donor darah

HUT Ke-77, PMI pringsewu gelar donor darah (ANTARA/HO-Pemkab Pringsewu)

Bandarlampung (ANTARA) -  

Memperingati Hari Palang Merah Indonesia ke-77 yang jatuh pada 17 September 2022, PMI Kabupaten Pringsewu menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah di Pringsewu, Senin.

Kegiatan dengan menggandeng sejumlah pihak ini diikuti ratusan peserta donor darah dari berbagai kalangan dan instansi, baik pemerintah, kepolisian, TNI, kejaksaan, swasta, ormas, mahasiswa, pelajar, pramuka dan lainnya.

Ketua PMI Kabupaten Pringsewu Fauzi pada kegiatan yang dihadiri Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang diwakili Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hipni,  Dandim 0424 Letkol Arm. Micha Arruan dan pimpinan instansi serta lembaga lainnya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut berpartisipasi dan mendukung serta membantu kegiatan tersebut.

Menurutnya, berdonor darah sangat baik untuk kesehatan, di samping darah yang didonorkan sangat berguna dalam membantu sesama.

“Setetes darah yang kita sedekahkan bisa menolong dan menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan,” katanya.

Dr.Fauzi berharap melalui kegiatan tersebut akan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya berderma atau berdonor darah, serta meyakinkan bahwa melakukan donor darah ini sangat baik bagi kesehatan.

“Kemudian kita juga membuka pelayanan pemeriksaan golongan darah serta vaksinasi COVID-19.  Untuk kegiatan vaksinasi kita bekerjasama dengan BIN. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin baik dosis pertama, kedua ataupun ketiga atau booster, kami mengimbau agar mau divaksin, sebagai upaya untuk mencegah penularan COVID-19,” imbaunya.

HUT Ke-77 PMI juga semakin semarak, dengan diadakannya Special Event Station (SES)  bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Pringsewu pada 40 dan 80 meter band, dengan tanda panggilan (callsign) khusus yakni 8H77PMI.

Pada kesempatan tersebut, bagi para pendonor darah, panitia kegiatan memberikan doorprize menarik. Selain itu, untuk pendonor pemula atau baru kali pertama mendonorkan darahnya, juga diberikan sertifikat oleh PMI Kabupaten Pringsewu.