ASDP kelola Pelabuhan Ajibata dan Ambarita di kawasan Danau Toba

id ASDP,Danau Toba,Antara Lampung, Lampung Update

ASDP kelola Pelabuhan Ajibata dan Ambarita di kawasan Danau Toba

Pelayanan penyeberangan di kawasan Danau Toba yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). (ASDP)

Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan mutu layanan kepada pengguna jasa di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, kini ASDP telah resmi mengelola Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita dengan skema Kerja Sama Pemanfaatan Operasional Barang Milik Negara (KSPO BMN).

"Pelabuhan Ajibata dan Ambarita akan meningkatkan aksesibilitas, kenyamanan dan tentunya mampu mengungkit daya saing ekonomi masyarakat sekitar melalui pemanfaatan tenant," kata Shelvy dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Shelvy menjelaskan, Pelabuhan Ajibata memiliki luas kawasan sebesar 10 ribu m² dengan luas gedung terminal utama sebesar 2.155 m² yang dilengkapi dengan aksesibilitas modern berupa eskalator dan lift.

Pelabuhan Ajibata juga memiliki 29 unit tenant komersial yang tersebar di area indoor dan outdoor.

Sedangkan, Pelabuhan Ambarita memiliki areal lebih luas sedikit dari Peabuhan Ajibata yakni sebesar 7.000 m² dengan luas gedung terminal utama 1.540 m² yang juga dilengkapi dengan eskalator dan lift.

Lanjut dia, ASDP melayani masyarakat di Kawasan Danau Toba dengan mengoperasikan 3 unit kapal yakni KMP Ihan Batak yang melayani lintasan Ajibata-Ambarita, KMP Kaldera Toba yang melayani lintasan Muara-Onan Runggu dan KMP Pora-pora yang melayani lintasan Balige-Onan Runggu.

Diterapkan layanan tiket online berbasis web melalui toba.ferizy.com dan per tanggal 1 September layanan tiket online di Lintas Ajibata-Ambarita.

Lintasan Ajibata-Ambarita beroperasi sejak pukul 07.00 hingga 20.00 WIB dengan delapan trip penyeberangan.