Manchester United siap dibeli miliarder Inggris Jim Ratcliffe

id Liga Inggris,Manchester United,Jim Ratcliffe

Manchester United siap dibeli miliarder Inggris Jim Ratcliffe

Bos INEOS Group dan pemilik klub Liga Prancis Nice, Jim Ratcliffe, terlihat sebelum pertandingan final Piala Prancis antara OGC Nice dan FC Nantes di Stade de France, Saint-Denis, Paris, 7 Mei 2022. (AFP/BERTRAND GUAY)

Jakarta (ANTARA) - Pengusaha Inggris Jim Ratcliffe dipastikan menjadi calon pembeli terkuat Manchester United jika raksasa sepak bola Inggris itu dijual ke pasar, kata juru bicara miliarder petrokimia Ineos itu seperti dikutip AFP, Kamis.

Ineos menanggapi laporan bahwa pemilik United saat ini, keluarga Glazer yang berbasis di AS, sedang mempertimbangkan menjual saham minoritas Setan Merah yang tengah melewati awal musim menyedihkan di bawah manajer baru Erik ten Hag.

Juru bicara Ineos mengatakan kepada The Times bahwa Ratcliffe yang merupakan orang terkaya di Inggris, siap membeli saham tersebut sebagai awal untuk sepenuhnya mengendalikan Old Trafford.

"Jika hal seperti ini mungkin, kami akan tertarik berbicara dengan tujuan kepemilikan jangka panjang," tambah juru bicara itu.

Keluarga Glazer, yang membeli United pada 2005 dengan dana dari utang sehingga kemudian membebani klub dengan utang besar, sejak lama dituduh telah mengeruk keuntungan jauh lebih banyak dari dana yang mereka investasikan, termasuk dalam hal dana transfer pemain.

Mereka semakin membuat marah penggemar United setelah mendukung proyek kontroversial Liga Super Eropa pada April tahun lalu.

United terakhir menjuarai Liga Premier pada 2013 dan tak pernah lagi mengangkat trofi utama sejak 2017. Mereka dibantai 0-4 oleh Brentford sehingga untuk pertama kalinya dalam 30 tahun berada di dasar klasemen.

Baca juga: Manchester United buka peluang lepas Ronaldo
Baca juga: United pertimbangkan pinjam Pulisic dari Chelsea
Baca juga: Juventus percepat transfer Memphis Depay
Baca juga: Dibeli dari Anderlecht, Sergio Gomez tak sabar dilatih Guardiola



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Miliarder Jim Ratcliffe siap beli Manchester United