Brigif 4 Mar/BS lakukan pengibaran bendara di dasar laut Pulau Pahawang

id Lampung,Pesawaran,HUT RI,Marinir,Brigif,Kemerdekaan RI

Brigif 4 Mar/BS lakukan pengibaran bendara di dasar laut Pulau Pahawang

Proses pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran yang dipimpin oleh prajurit Brigif 4 Mar/BS. Rabu, (17/8/2022). (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
Brigade Infanteri (Brigif) 4 Marinir/BS Lampung melakukan pengibaran Bendera Merah Putih pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di dasar laut Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran.

"Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan pasukan selam handal untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di 77 lokasi bawah laut, yang tersebar di seluruh Indonesia pada 17 Agustus 2022 dan salah satunya di Lampung," kata Komandan Brigif 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto, dalam keterangan yang diterima, Rabu.

Ia mengatakan bahwa dalam pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut kali ini, Brigif 4 Mar/BS melibatkan 50 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan anggota club selam Lampung. 

"Jadi yang bertugas dan peserta upacara ada dari Polairud Polda Lampung, Kodim 0410/KBL, Brimob, Komunitas Selam Corona, Lampung Scuba, Lampung Dive Club, dan masyarakat Pulau Pahawang yang juga upacara di atas permukaan laut menggunakan kapal dan perahu karet," kata Harry.

Danbrigif mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat demi kejayaan maritim Indonesia, sesuai dengan tema kemerdekaan yang ke-77 RI yakni "Indonesia Pulih dengan Cepat dan Bangkit Secara Kuat". 

"Prajurit Jalasena Samudera TNI Angkatan Laut, adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia," kata dia.

Dia pun mengatakan, momen pengibaran bendera di bawah laut juga memiliki tujuan untuk menunjukkan betapa luasnya lautan di Nusantara  ini dengan berjuta kekayaan di dalamnya.

"Kekayaan itu harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke dan Miangas sampai Pulau Rote," ujarnya.