Renovasi TMII tuntas akhir Juli 2022

id Basuki Hadimuljono,Taman Mini Indonesia Indah,KTT G20

Renovasi TMII tuntas akhir Juli 2022

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau renovasi sarana dan prasarana di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Selasa (12/7). (ANTARA/HO-Kementerian PUPR)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan progres rata-rata seluruh pekerjaan renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur sudah di atas 70 persen dan ditargetkan selesai pada akhir Juli 2022.

"Kecuali pada pekerjaan Tugu Pancasila atau Tugu Api karena harus dipasang 17 layer tembaga yang detailnya mungkin akan selesai pada Agustus 2022," kata Basuki sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PUPR di Jakarta, Rabu.

Basuki menjelaskan tujuan utama renovasi TMII adalah untuk meningkatkan pelayanan destinasi wisata yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an itu.

"Kami mulai renovasi atas perintah Presiden Jokowi untuk menjadikan TMII sebagai destinasi wisata yang lebih aman, nyaman, dan sehat," kata Basuki,

Renovasi TMII, ujar Basuki, merupakan bagian dari upaya untuk merawat bangunan lama yang bersejarah, seperti halnya renovasi Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang dilakukan untuk menyelenggarakan Asian Games 2018.

Selain untuk peningkatan layanan wisata, Basuki mengungkapkan renovasi TMII juga untuk persiapan Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022.

"Menurut rencana ini akan dipakai lokasi dinner (jamuan makan malam) G20. Tapi sebetulnya bukan itu tujuan utamanya, melainkan untuk meningkatkan pelayanan destinasi wisata," kata dia.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri PUPR: Renovasi TMII tuntas akhir Juli 2022