Harga cabai rawit di Metro melonjak

id Cabairawit

Harga cabai rawit di Metro melonjak

Harga cabai di Kota Metro naik. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Harga cabai rawit di Pasar Kopindo, Kota Metro, dalam dua pekan terakhir melonjak dari Rp30 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp70 ribu per kilogram.

"Iya cabai mulai naik harganya. Yang paling tinggi ya cabai rawit, sebelumnya harga per kilogram Rp30 ribu sekarang sudah Rp70 ribu per kilogram," kata Husain, salah satu pedagang cabai di Pasar Kopindo Metro, Senin.

Tak hanya rawit, kata dia, cabai jenis lainnya juga mengalami kenaikan seperti cabai merah dari harga Rp75 ribu per kilogram menjadi Rp80.000/kg cabai hijau dari harga Rp30 ribu menjadi Rp33 ribu/kg . 

"Cabai gunung juga naik mas dari harga Rp65 ribu per kilogram menjadi Rp70 ribu per kilogramnya. Hampir semuanya naik," terangnya.

Menurut Husain, kenaikan harga cabai tersebut disebabkan karena kurangnya pasokan dan tingginya harga jual dari para petani cabai. 

"Dari petaninya memang sudah mahal, kemudian juga pasokanya kurang. Kemungkinan kenaikan ini masih akan terjadi beberapa minggu ke depan mas," terangnya.

Selain harga cabai, harga bawang merah juga merangkak naik di Kota Metro. Pedagang bawang di Pasar Kopindo Metro, Husen menjelaskan, harga bawang merah yakni Rp35 ribu menjadi Rp50 ribu/kg.

"Bawang putih masih stabil mas, yang naik itu bawang merah sekarang, dari harga Rp35 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram, " jelasnya. 

Ia menambahkan, kenaikan harga ini disebabkan pasokan bawang merah yang berkurang dari para petani.