Wali Kota lepas pengiriman porang Kota Metro ke Pulau Jawa

id Porang,kota metro, lampung, wali kota

Wali Kota lepas pengiriman porang Kota Metro ke Pulau Jawa

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin memberikan sambutan sebelum melepas pengiriman porang hasil panen petani Kota Metro ke Pulau Jawa. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin melepas lima truk pengiriman porang hasil panen petani di kota setempat dengan jumlah 50 ton ke Pulau Jawa. 

"Iya hari ini kita kirim lima truk porang hasil petani Kota Metro. Tentu kita sangat mendukung petani porang ini karena potensinya sangat baik," kata Wahdi usai melepas truk porang tersebut, Senin.

Ia menjelaskan, untuk saat ini harga porang basah yakni Rp4.700 per kilogram sedangkan untuk porang yang sudah dikeringkan Rp18 ribu/kg.

"Penjualan porang itu ada yang basah dan sudah kering. Untuk saat ini harga mulai turun dan  tentunya harus bisa disiasati baiknya," jelasnya. 

Wahdi menuturkan, porang memiliki potensi yang baik jika terus dikembangkan lantaran memiliki produktivitas yang besar dan harganya juga baik.

"Kalau melihat produksinya di Kota Metro ini delapan bulan tanam dengan hasil 15 ribu ton porang sudah sangat baik," jelasnya 

Ia menambahkan, dengan porang yang dikembangkan dengan baik tentu akan berdampak pada kesejahteraan petani di Kota Metro yang semakin meningkat. 

"Untuk Kota Metro masih punya harapan dalam  pengembangan pertaniannya, dikarenakan kita melihat dari lahan pertanian masih ada sekitar 2900 hektare. Saya kira baik sekali itu selain urban farming, bila komoditi porang baik dan bisa  mensejahterakan petani kenapa kita tidak beralih. Namun perlu kita pelajari terlebih dahulu," pungkasnya.