Bupati Pesisir Barat imbau desa bisa anggarkan untuk program KLA 2022

id lampung, pesisir barat, kla, kabupaten layak anak, layak anak, anak

Bupati Pesisir Barat imbau desa bisa anggarkan untuk program KLA 2022

Bupati Pesisir Barat himbau desa bisa anggarkan untuk dukung program KLA 2022 (ANTARA/HO-Pemkab Pesisir Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Dalam rangka menyukseskan program kayak anak, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal telah berkoodinasi dengan dinas terkait dan tingkat kecamatan untuk bisa mendukung program Kabupaten Layak Anak melalui dana di Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Agus Istiqlal mengatakan pihaknya jauh- jauh hari sebelum penyusunan anggaran, sudah memberikan imbauan kepada desa terkait menyukseskan program KLA

“Program KLA merupakan program nasional, jadi kegiatan tersebut sudah dirapatkan oleh desa-desa melalui penyusunan APBDes yang sudah di evaluasi oleh camat,” paparnya.

Tak hanya itu, lanjut Agus, selain mengeluarkan himbauan kepada pemerintah kecamatan untuk mengisi indikator-indikator yang diperlukan, PMD juga mengeluarkan sikap tegas, peringatan dan sanksi bagi pihak desa yang dinilai tidak kooperatif.

“Jadi kita tinggal menunggu dari masing-masing desa untuk memberikan laporan,” sambungnya.

Agus menegaskan pentingnya kerjasama semua elemen perangkat Pemerintahan mulai dari OPD, perangkat kecamatan hingga desa.

“Untuk menuju sebagai Kabupaten Layak Anak tidak mudah, butuh proses dan kerja sama semua elemen,” ujarnya.

Ia berharap ke depannya Kabupaten Pesisir Barat bisa bisa sejajar dengan kabupaten lain perihal KLA. Ia juga menghmbau pihak terkait agar segera mempersiapkan dokumen kelengkapan administrasi sesuai indikator yang diminta sebelum tahapan evaluasi penilaian dimulai.

“Pertama, setiap desa harus memiliki satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Kedua, sudah terbentuk forum anak desa. Ketiga, memiliki profil anak. Keempat, tersedia tempat bermain ramah anak. Terakhir, harus ada gugus tugas layak anak,” tegasnya.