Roma redam kejutan Lecce ke perempat final Coppa Italia

id coppa italia,as roma,lecce,marash kumbulla,tammy abraham,eldor shomurodov,arturo calabresi,piala italia

Roma redam kejutan Lecce ke perempat final Coppa Italia

Penyerang AS Roma Tammy Abraham merayakan golnya ke gawang Lecce dalam pertandingan 16 besar Coppa Italia di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis (20/1/2022) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/NURPHOTO/Giuseppe Maffia)

Jakarta (ANTARA) - AS Roma sukses meredam kejutan yang sempat diperlihatkan tim kasta kedua Lecce demi meraih kemenangan 3-1 atas tamunya itu dalam pertandingan 16 besar Coppa Italia di Stadion Olimpico, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Kemenangan ini membuat Roma menjadi tim terakhir yang melangkah menuju babak perempat final Coppa Italia, setelah tujuh tim lainnya satu per satu sudah lebih dulu lolos sejak pekan lalu, demikian catatan situs resmi kompetisi.

Lecce sempat menciptakan kejutan saat mencuri keunggulan pada menit ke-15 melalui sundulan Arturo Calabresi dalam situasi sepak pojok, setelah wasit dan VAR sepakat mengesahkan gol tersebut.

Upaya Roma membalas baru membuahkan hasil lima menit jelang turun minum ketika Marash Kumbulla berada di posisi yang tepat untuk meneruskan umpan sundulan Tammy Abraham dalam situasi sepak pojok.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum sampai akhirnya Roma berbalik memimpin pada menit ke-54 melalui aksi Abraham menyelesaikan umpan kiriman Nicolo Zaniolo dengan tembakan jarak jauh yang tak mampu diantisipasi kiper Lecce, Gabriel.

Tugas Roma menjaga keunggulan kian dimudahkan sejak menit ke-62 lantaran Mario Gargiulo menerima kartu kuning kedua, memaksa Lecce melanjutkan pertandingan hanya dengan sepuluh pemain.

Situasi timpang mampu dimanfaatkan oleh Roma yang mengunci langkah mereka ke perempat final lebih awal ketika Eldor Shomurodov memanfaatkan operan Henrikh Mkhitaryan untuk mencetak gol ketiga tuan rumah pada menit ke-81.

Di babak perempat final nanti, Roma akan bertemu Inter Milan yang sudah lebih dulu menyisihkan Empoli, dalam rangkaian pertandingan yang dijadwalkan berlangsung tengah pekan kedua bulan Februari.