Itera dukung program Desa Cantik BPS Lampung

id Itera,Lampung,Bandarlampung,Mahasiswa ,MKBM,BPS Lampung

Itera dukung program Desa Cantik BPS Lampung

Institut Teknologi Sumatra (Itera) saat beraudiensi dengan BPS Provinsi Lampung dalam rangka kerjasama pelaksanaan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Rabu, (19/1/2022). (ANTARA/Ho-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Pusat Riset dan Inovasi Prediksi dan Pemodelan Risiko Bahaya dan Bencana (Purino P4R) Institut Teknologi Sumatera (Itera) mendukung pelaksanaan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang digagas Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung. 

"Itera siap untuk bersinergi dengan program Desa Cantik BPS Lampung melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) maupun Program MBKM," kata 
Ketua Purino P4R Itera, Amalia Listiani, di Bandarlmapung, Rabu.

Ia mengatakan bahwa melalui program KKN, mahasiswa akan terjun langsung ke desa-desa yang menjalankan program Desa Cantik dari BPS Lampung. Sementara pada program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa dapat ikut andil dalam Kerjasama Desa Cantik dan Pojok Statistik. 

"Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang lebih tidak hanya yang dirasakan oleh BPS Provinsi Lampung dan ITERA tapi masyarakat luas juga," ujarnya.

Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi (IPDS) BPS Provinsi Lampung Sudiyanto  menyampaikan bahwa pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari focus group discussion (FGD) yang telah dilaksanakan Itera dan pihaknya.

"BPS sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan Itera," ujarnya.

Sudiyanto juga memaparkan dalam pertemuan tersebut juga dibahas kerja sama program MBKM, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui dukungan program Desa Cantik dan Pojok Statistik. 

"Jadi Program Desa Cantik dan Pojok Statistik itu merupakan bagaimana peran BPS dalam mendampingi desa-desa melek statistik. Nah, 
nantinya mahasiswa Itera juga dapat menjadi pendamping program tersebut sebagai agen statistik," kata dia.