Lagi, 24 SMA lolos seleksi tahap dua Program Sekolah Penggerak

id Sekolah penggerak, sekolah Lampung, pendidikan Lampung

Lagi, 24 SMA lolos seleksi tahap dua Program Sekolah Penggerak

Ilustrasi - Suasana pembelajaran di sekolah di Provinsi Lampung sebelum pandemi COVID-19 berlangsung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menyatakan 24 Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah itu dinyatakan lolos dalam seleksi tahap dua program Sekolah Penggerak.

"Untuk mengembangkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila, maka pada tahun 2021 ini ada tambahan 24 SMA yang lolos seleksi tahap dua Sekolah Penggerak," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, di Bandarlampung, Kamis (30/12).

Ia menjelaskan 24 SMA itu tersebar di tujuh kabupaten dan kota, yakni di Kabupaten Lampung Selatan lima SMA, Lampung Tengah (7), Mesuji (2) Pesisir Barat (1), Pringsewu (4), Waykanan (3), dan Kota Metro (2).

Pada program Sekolah Penggerak angkatan 1 telah di tetapkan 15 SMA dan satu SLB di tiga kabupaten serta kota, yakni Kabupaten Lampung Tengah 10 SMA, Pesisir Barat (2), Kota Metro (3) dan satu SLB.

"Sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan Sekolah Penggerak, pada angkatan pertama telah disalurkan bantuan peningkatan mutu untuk masing-masing sekolah senilai Rp53,2 juta," ucapnya.

Dia mengatakan bantuan tersebut untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan beragam kebutuhan pembelajaran.

"Pada angkatan pertama telah terlihat adanya paradigma baru dalam pembelajaran, seperti tumbuhnya kreativitas dan inovasi melalui proyek penguat profil pelajar Pancasila, selain itu ada pula unjuk informasi dan kreasi serta yang terakhir adalah adanya deklarasi sekolah antiperundungan," katanya.

Ia mengharapkan semakin banyak Sekolah Penggerak di Lampung dan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung jumlah sekolah di Lampung jenjang SMA/SMK/SLB 1.035 unit dengan jumlah siswa 311.934 orang, guru 21.893 orang, dan tenaga kependidikan 6.209 orang.