Imigran di Medan mulai divaksin COVID-19

id imigran,medan,divaksin,COVID-19

Imigran di Medan mulai divaksin COVID-19

Seribuan imigran di Kota Medan, Sumatera Utara mulai disuntikan vaksin Pfizer tahap pertama sebagai antisipasi penularan COVID-19.  (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Seribuan imigran di Kota Medan, Sumatera Utara mulai disuntik vaksin Pfizer tahap pertama sebagai antisipasi penularan COVID-19.

Vaksinasi tersebut digelar Organisasi Internasional untuk Migrasi atau IOM berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Medan di salah satu hotel di Jalan Dr. Mansyur Medan pada Rabu (8/12).

"Hari ini kita lakukan vaksinasi untuk kelompok yang rentan termasuk imigran yang dinaungi oleh IOM ada 1.300 orang," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan Mutia Nimpar.

Ia menjelaskan vaksinasi ini dilakukan dengan sistem "smart chaking" yang telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

"Ini dari berbagai pengungsi yang ada di Medan di bawah naungan IOM itu yang kita vaksin," ujarnya.

Mengenai vaksinasi terhadap imigran anak-anak yang ada di beberapa tempat penampungan di Kota Medan, pihaknya masih menunggu arahan dari pusat.

"Untuk anak-anak masih menunggu instruksi dari Kemenkes," ujarnya.
  
Ia mengimbau imigran yang sudah menjalani vaksinasi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Tetap patuhi protokol kesehatan meski telah menjalani vaksinasi," ujarnya.

Uploader : Angga Pramana