Pemkab Pringsewu gelar upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2021

id lampung, pringsewu

Pemkab Pringsewu gelar upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2021

Pemkab Pringsewu gelar upacara peringatan hari pahlawan tahun 2021 (ANTARA/HO-Pemkab Pringsewu)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di Lapangan Taman Makam Pejuang Purna Yudha Bhakti, Keputran, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Rabu (10/11/21).

Bupati Pringsewu Sujadi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pringsewu untuk bersama-sama memaknai bahwa setiap orang pada dasarnya memiliki peran menjadi pahlawan.

Menurut Sujadi, salah satu yang dapat dijadikan hikmah adalah proses lahirnya Kabupaten Pringsewu dari Kabupaten Tanggamus, dimana masing- masing berperan dan dapat disebut sebagai pahlawan Kabupaten Pringsewu.

Karenanya, Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pejuang yang telah berjasa bagi Kabupaten Pringsewu. Dengan harapan seluruh perjuangan dan pengorbanan baik yang tercatat maupun tidak tercatat dapat menjadi amal ibadah dan amal jariyah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan amanat tertulis Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, dimana melalui peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan refleksi keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan. Mengajak bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, juga memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

“Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarga dan komunitasnya,” ujarnya.

Disampaikan pula bahwa semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan semestinya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas. Hal ini juga sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021, yakni "Pahlawanku Inspirasiku,” ujar Bupati membacakan amanat Menteri Sosial RI.

Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Pringsewu juga ditandai dengan prosesi tabur bunga serta pemberian apresiasi piagam penghargaan dan santunan kepada anggota Legiun Veteran RI dan keluarga pejuang.

Tampak pula hadir pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan ini Ketua DPRD Pringsewu Suherman, S.E., Sekdakab Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag., beserta jajaran Pemkab dan Forkopimda,juga diikuti pegawai ASN, anggota Polri dan prajurit TNI sebagai peserta upacara.