Sekda Pesisir Barat pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan

id lampung, pesisir barat, pesibar

Sekda Pesisir Barat pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan

Sekda Pesisir Barat pimpin upacara peringatan hari pahlawan (ANTARA/HO-Pemkab Pesisir Barat)

Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat N. Lingga Kusuma memimpin Upacara Peringataan Hari Pahlawan 10 November 2021 di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung.

“Pahlawan Indonesia telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raga serta hartanya untuk Kemerdekaan Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Pesisir Barat kali ini mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku”,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat N. Lingga Kusuma,Rabu.

Menurutnya, kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi.

“Tanpa semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. selamanya rakyat Indonesia akan hidup di bawah penindasan penjajah,” kata Lingga

Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini, berbagai cara mereka lakukan, Para penjajah itu memaksa rakyat indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, Tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Hal lain yang perlu teladani yaitu kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti pahlawan kita yang tangguh untuk menggapai cita-cita mereka. Mereka mau belajar untuk mencapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat, tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan indonesia. Namun, mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka. Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani juga.

Selanjutnya, Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pendahulu negeri seperti yang ditunjukkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan hari pahlawan. hari pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial saja pada setiap tanggal 10 November, namun lebih dari itu bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya. apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. hal ini sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”. 

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid 19 yang saat ini melanda dunia. meskipun dalam masa pandemi covid, peringatan hari pahlawan tahun 2021 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. apabila setiap insan masyarakat Indonesia memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan semangat dan nilai kepahlawanan, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa,” ujar sekda N.Lingga Kusuma.