Pemkot Bandarlampung gelar gelar desain lomba mural berhadiah total Rp20 juta

id COVID-19,Pemkot,Bnadarlampung,Lomba mural,Hut Bandarlampung

Pemkot Bandarlampung gelar gelar desain lomba mural berhadiah total Rp20 juta

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bnadarlampung Ahmad Nurizky, di Bandarlampung, Minggu. (13/6/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung dalam menyambut hari ulang tahun (HUT)) ke-339 yang jatuh pada 17 Juni 2021, mengadakan berbagai lomba bagi masyarakat setempat, salah satunya desain mural untuk jalan layang (flayover) berhadiah total Rp20 juta.

"Lomba Terbuka untuk pelajar, mahasiswa, arsitek, desainer, seniman ber-KTP Provinsi Lampung (baik individu maupun kelompok) dan tidak dipungut biaya," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandarlampung, Ahmad Nurizki, di Bandarlampung, Minggu.

Dia menjelaskan tema dari lomba desain mural ini, peserta harus mengusung program dan pembangunan Kota Bandarlampung, budaya, pariwisata, dunia perempuan dan anak-anak.

Nantinya, lanjut dia, desain mural yang menjadi pemenang akan diabadikan menjadi lukisan i beberapa jalan layang di kota ini sebab Wali Kota Bandarlampung memang memiliki niat mempercantik dan memperindah daerahnya.

Ia pun mengatakan bahwa pemkot setempat dalam rangka menyambut HUT ke-339 Bandarlampung tidak hanya mengadakan lomba desain mural saja, namun terdapat beberapa perlombaan bagi masyarakat.

"Ada lomba foto untuk masyarakat juga yang khusus menggunakan telpon dengan tema masih sama program pembangunan kota ini, begitu pula lomba yang diperuntukkan bagi wartawan. Nah kalau ini yang boleh mengikuti khusus warga yang KTP-nya Bandarlampung," kata dia.

Menurutnya, lomba-lomba yang diadakan oleh pemkot agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam merayakan HUT ke-339 kota.

"Karena ini masih dalam masa pandemi COVID-19 jadi dalam HUT nanti pemkot tidak akan mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang ramai, jadi salah satu cara agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam merayakan hari jadi Bandarlampung ya dengan lomba ini," katanya.

Adapun ketentuan teknis lomba desain mural ini, peserta mengirimkan desain mural flyover ke alamat email panitia, file yang dikirim ke panitia harus dalam bentuk desain asli,  sketch up atau mock up 3D dengan format file JPG atau PNG dengan resolusi tinggi agar desain dapat dilihat secara detail, kemudian semua file digabungkan dalam winrar beserta e-KTP peserta lomba.

Kemudian, memberikan judul pengiriman desain mural dengan format, seperti contoh ini Candra_Mural_Pramuka_Budaya dan pariwisata, desain dikerjakan secara digital menggunakan laptop, komputer atau pen tablet,.desain harus original karya sendiri, tidak mengandung unsur yang melanggar etika penciptaan karya dan hak cipta orang lain, hindari desain yang mengandung unsur SARA ataupun pertentangan antargolongan, dan peserta diperbolehkan mengirim karya maksimal 3 alternatif desain.

Setelah semua dilakukan dan terkumpul seluruh desain yang masuk akan dinilai oleh tim dewan juri, kemudian menentukan lima pemenang terbaik.

Kemudian, pemenang desain perlombaan harus mengirimkan materi desainnya secara keseluruhan ke panitia, hasil desain pemenang menjadi hak milik Pemerintah Kota Bandarlampung dan karyanya akan direalisasikan di flyover yang ada di kota ini, keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat, apabila karya tersebut terbukti bukan karya original (bermasalah) bukan merupakan tanggung jawab panitia.

Materi lomba paling lambat diterima panitia tanggal 28 Juni 2021 pukul 00.00 WIB, untuk informasi selengkapnya masyarakat dapat menghubungi koordinator lomba mural flyover dinomor whatsApp 0852 6892 0351 dan

E-mail : lombamuralbandarlampung@gmail.com
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar