UTBK-SBMPTN di ITERA terapkan prokes

id UTBK,SBMPTN,Itera,COVID-19,Lampung

UTBK-SBMPTN di ITERA terapkan prokes

Peserta UTBK-SBMPTN di Itera menjalani pemeriksaan ketat guna mencegah penyebaran COVID-19 saat tes masuk perguruan tinggi di sana. Senin. (12/4/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) gelombang pertama di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Provinsi Lampung berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

"UTBK di ITERA diikuti sebanyak 2.869 peserta, Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.985 peserta mengikuti ujian Saintek, 642 peserta Soshum, dan 242 peserta ujian campuran," kata Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., IPU, saat meninjau pelaksanaan UTBK-SBMPTN, di Lampung Selatan, Senin.

Dia mengatakan bahwa peserta yang akan mengikuti tes UTBK diwajibkan untuk memakai masker, selalu menjaga jarak, mengikuti pengecekan suhu, mencuci tangan sebelum memasuki gedung, dan tidak berkerumun.
Baca juga: 8.249 peserta ikuti UTBK-SBMPTN di Unversitas Lampung

Protokol kesehatan juga diterapkan di ruang-ruang ujian yang antarmeja peserta telah dibuat berjarak sesuai standar prokes, serta sterilisasi ruangan dengan penyemprotan disinfektan setelah ujian selesai.

Sementara itu Koordinator Pelaksana UTBK ITERA, Alviyanda, menyebutkan, UTBK tahun ini dilaksanakan di empat gedung yaitu Gedung Laboratorium Teknik 1, 2 dan 3 serta Gedung Kuliah Umum I. Untuk memastikan penerapan protokol kesehatan, panitia juga telah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung dan sudah memperoleh izin.

“Pelaksanaan UTBK di ITERA mengikuti arahan yang diberikan oleh Satgas Provinsi dalam penerapan protokol kesehatan seperti mewajibkan untuk peserta dari luar Lampung membawa hasil rapid test antigen, dan menerapkan prokes secara ketat,” ujarnya.

Berdasarkan data yang didapat dari 2.869 peserta, sebanyak 339 calon mahasiswa berasal dari beberapa Provinsi di luar Provinsi Lampung sehingga sebelum mengikuti tes mereka diminta menunjukkan hasil rapid test antigen.

Baca juga: Sebanyak 2.869 peserta akan ikuti UTBK di Itera