Calon Ketum Kadin harus mampu optimalkan potensi daerah

id kadin indonesia,pemulihan ekonomi ,potensi ekonomi daerah,kadin daerah

Calon Ketum Kadin harus mampu optimalkan potensi daerah

Logo Kamar Dagang Indonesia (KADIN). ANTARA

Jakarta (ANTARA) - Calon Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 dinilai harus memiliki visi yang jelas dalam mengoptimalkan potensi Kadin Daerah untuk ikut berperan membantu menggerakkan pemulihan ekonomi nasional.

“Ketua Umum harus memiliki visi membangun Kadin baru yang inklusif dan kolaboratif. Membangun Kadin sebagai rumah bersama antara Kadin Pusat dan Kadin Daerah,” kata Ketua Kadin Kalimantan Utara, Kilit Laing dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut Kilit, selama ini keberadaan Kadin Daerah cenderung terabaikan, sehingga saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menggerakan potensi ekonomi daerah.

“Setiap daerah memiliki problem dan tantangan yang berbeda dalam mengelola serta mengembangkan potensi ekonomi yang dimiliki. Ke depan, semua potensi perlu dikelola dengan baik,” katanya.

Kilit menjelaskan, saat ini dibutuhkan Calon Ketua Umum Kadin yang memiliki visi yang sejalan dengan keinginan Kadin Daerah untuk lebih melibatkan pengusaha daerah dalam mengembangkan potensi ekonomi.

“Saya melihat bahwa visi misi Arsjad Rasjid mampu menyelesaikan tantangan yang dihadapi berbagai daerah di Indonesia. Kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh daerah, dapat diatasi dengan kolaborasi strategis pusat dan daerah,” kata Kilit.

Arsjad Rasjid adalah salah satu kandidat kuat menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026.

Arsjad saat ini merupakan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, dan menjabat sebagai Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk dan Ketua Dewan Penyantun Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Sementara itu, Ketua Kadin Kalimantan Barat Joni Isnaini mengatakan majunya Calon Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid memberi angin segar bagi kalangan dunia usaha terutama di daerah.

"Kadin daerah perlu sinergi untuk lebih baik lagi ke depan. Namun, Kadin daerah, harus juga bisa mengakomodir kepentingan masyarakat dan pengusaha kecil lainnya. Jangan sampai, Kadin tidak bisa mengakomodir berbagai kebutuhan tersebut,” kata Joni.

Sebelumnya, mantan Menteri Perindustrian yang juga pengusaha nasional MS Hidayat, menilai Kadin Indonesia yang merupakan wadah tunggal dunia usaha perlu memperkuat kolaborasi dengan pemerintah dalam menanggulangi masalah ekonomi.

Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 harus mampu memperkuat sinergi kolaborasi bersama pemerintah dan menjadikan Kadin sebagai rumah inklusif bagi semua kalangan.

“Tugas pertama Ketua Umum Kadin harus bisa menjadi mitra kerja pemerintah dan mendorong kepentingan pengusaha nasional. Poin-poin tersebut ada pada sosok Arsjad Rasjid,” ujar M.S Hidayat.