MK kabulkan penarikan perkara Pilkada Bandarlampung

id sengketa pilkada,pilkada serentak 2020,pilkada bandar lampung,sidang mahkamah konstitusi

MK kabulkan penarikan perkara Pilkada Bandarlampung

Panel Hakim sidang sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi yang dipimpin oleh Ketua MK Anwar Usman. ANTARA/HO-Yotoube MK

Jakarta (ANTARA) - Mahkamah Konstitusi mengabulkan penarikan permohonan perselisihan hasil Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung yang diajukan oleh pasangan Muhammad Yusuf Kohar-Tulus Purnomo Wibowo.

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dalam sidang pengucapan putusan/ketetapan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin, yang disiarkan secara daring, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat pencabutan atau penarikan kembali permohonan pasangan Muhammad Yusuf Kohar-Tulus Purnomo Wibowo pada tanggal 8 Januari 2021.

Majelis hakim pun telah meminta konfirmasi dari kuasa hukum pemohon dalam sidang pemeriksaan pendahuluan.

"Rapat permusyawaratan hakim pada tanggal 10 Februari 2021 telah menetapkan bahwa pencabutan atau penarikan kembali permohonan perkara nomor 25/PHP.KOT-XIX/2021 adalah beralasan menurut hukum," tutur Anwar Usman.

Dengan dikabulkannya penarikan perkara itu, pemohon tidak dapat mengajukan lagi permohonan yang sama.

Rekapitulasi hasil Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung adalah paslon nomor urut 03 Eva Dwiana-Deddy Amarullah sebanyak 249.241 suara, pasangan Muhammad Yusuf Kohar-Tulus Purnomo Wibowo 93.280 suara, dan paslon nomor urut 01 Rycko Menoza-Johan Sulaiman 92.428 suara.

Pilkada Bandar Lampung diwarnai pencabutan pasangan Eva Dwiana-Deddy Amarullah sebagai peserta pilkada karena dinilai melakukan pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bandar Lampung.

Kemudian pasangan tersebut membawa persoalan itu ke Mahkamah Agung dengan hasil dikabulkan sehingga keputusan KPU Kota Bandar Lampung mendiskualifikasi pasangan nomor urut 03 tersebut dibatalkan.

KPU Kota Bandar Lampung juga diperintahkan untuk menetapkan kembali Eva Dwiana-Deddy Amarullah sebagai peserta Pilkada Bandar Lampung dengan menerbitkan keputusan baru.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar