Demi Natal, Australia perlonggar pembatasan COVID-19

id negara bagian australia,new south wales,sydney,pembatasan COVID-19,virus corona

Demi Natal, Australia perlonggar pembatasan COVID-19

Antrian penumpang yang berusaha berangkat dari Terminal Bandara Dalam Negeri Sydney di Sydney, Australia, Jumat (18/12/2020). Pemerintah negara bagian bertindak cepat untuk memperketat pembatasan pejalanan untuk warga New South Wales setelah penyebaran virus korona (COVID-19) di utara pantai Sydney. ANTARA FOTO/REUTERS/AAP Image/Dean Lewins/rwa/cfo (AAPIMAGE via Reuters Connect/DEAN LEWINS)

Sydney (ANTARA) - Negara bagian terpadat di Australia pada  Rabu melonggarkan pembatasan virus corona untuk Natal setelah jumlah kasus COVID-19 turun dalam dua hari berturut-turut.

Meskipun demikian, beberapa wilayah pinggiran pantai utara Sydney tetap diisolasi.

New South Wales (NSW), di mana Sydney adalah ibukotanya, melaporkan delapan kasus yang didapat secara lokal pada hari Rabu, tidak berubah dari Selasa dalam tanda lain bahwa jaga jarak dan pengujian massal telah mengendalikan wabah baru yang berbahaya.

Sekitar seperempat juta penduduk di kota terbesar Australia diperintahkan untuk tinggal di rumah selama lima hari sejak 19 Desember ketika pihak berwenang bergegas untuk mengatasi wabah tersebut, yang kini telah berkembang menjadi 97 kasus.

Penduduk di daerah yang terkena dampak diberitahu untuk tidak meninggalkan rumah mereka kecuali untuk berbelanja bahan makanan, bekerja, perawatan medis darurat atau mengunjungi kerabat yang terisolasi.

Kepala Pemerintahan  NSW Gladys Berejiklian mengatakan pembatasan itu akan tetap diberlakukan untuk pinggiran paling utara di bawah penguncian, meskipun penduduk sekarang akan diizinkan untuk menampung hingga lima tetangga pada Malam Natal, Hari Natal, dan Hari Kotak Natal.

Pembatasan tersebut lebih longgar untuk bagian selatan pinggiran kota Northern Beaches, di mana batas jumlah tamu adalah 10 orang termasuk orang-orang dari bagian lain Sydney.

Penguncian penuh untuk seluruh wilayah akan dilanjutkan pada 27 Desember, kata perdana menteri.

"Itu adalah perubahan sederhana untuk menjelaskan fakta bahwa setiap orang mengalami tahun yang sangat sulit," kata Berejiklian.

"Kami tidak siap untuk mengambil langkah lebih jauh dari apa yang telah saya gariskan. Kami pikir risikonya terlalu besar untuk melangkah lebih jauh dari apa yang kami miliki dan pada tanggal 27 kami ingin semua orang kembali ke apa yang kami miliki hari ini."

Otoritas NSW mendesak 5 juta penduduk Sydney untuk tetap waspada.

Australia telah melaporkan lebih dari 28.200 kasus virus corona dan 908 kematian sejak pandemi dimulai.

Sumber : Reuters