Brighton & Hove Albion kemenangan perdana di Villa Park

id liga inggris,brighton,aston villa,danny welbeck,solomon march,ezri konsa

Brighton  & Hove Albion kemenangan perdana di Villa Park

Penyerang Brighton & Hove Albion Danny Welbeck merayakan golnya ke gawang Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Sabtu (21/11/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Tim Keeton)

Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion memetik kemenangan di Villa Park, Birmingham, untuk pertama kalinya dalam sejarah tim tersebut setelah menundukkan Aston Villa 2-1 di laga pekan kesembilan Liga Inggris pada Sabtu.

Gol Danny Welbeck dan Solomon March mengantarkan Brighton meraih kemenangan untuk pertama kalinya setelah 12 lawatan sebelumnya ke Villa Park di semua kompetisi hanya menghasilkan tiga skor imbang dan sembilan kekalahan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Dewi Fortuna tampak berpaling dari Villa sejak awal laga ketika Ross Barkley harus keluar lima menit selepas sepak mula akibat cedera hamstring  dan digantikan Bertrand Traore.

Brighton membuka keunggulan lewat sebuah serangan balik pada menit ke-12 ketika Welbeck menggiring bola sodoran Adam Lallana dari tengah lapangan sebelum memperdaya kiper Emiliano Martinez.

Keunggulan itu hampir raib enam menit jelang turun minum lewat tembakan voli Tyrone Mings, tetapi kiper Mathew Ryan berhasil kembali ke sarangnya sebelum menyapu bola dari garis gawang.

Dua menit memasuki babak kedua, Villa akhirnya menyamakan kedudukan lewat Ezri Konsa yang lolos dari kawalan untuk menyambut umpan tendangan bebas Traore.

Namun, pada menit ke-56 Brighton sukses merestorasi keunggulannya lewat tembakan March yang tak mampu dijangkau oleh Martinez.

Brighton hampir menambah keunggulan pada menit ke-73, tetapi tembakan Neal Maupay masih bisa dihalau oleh Matt Targett dan bola muntah yang disambar Welbeck masih melenceng di sisi gawang.

Pada menit pertama injury time, Brighton harus menuntaskan laga dengan 10 pemain menyusul Tariq Lamptey menerima karutu kuning kedua.

Lantas drama terjadi tiga menit kemudian ketika wasit Michael Oliver sempat memberi hadiah tendangan penalti untuk Villa atas dugaan pelanggaran March terhadap Trezeguet, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR keputusan itu dibatalkan memastikan kemenangan bagi Brighton.

Hasil itu menyudahi catatan nirmenang Brighton dalam enam laga terakhir, tetapi mereka tak beranjak dari urutan ke-16 dengan koleksi sembilan poin sedangkan Villa (15) tertahan di posisi keenam.

Di pertandingan selanjutnya, Brighton akan menjamu juara bertahan Liverpool di Stadion Amex pada Sabtu (28/11), sementara Villa baru main dua hari berselang di kandang West Ham United.

Susunan pemain:

Aston Villa (4-2-3-1): Emiliano Martinez; Matty Cash, Ezri Konsa, Tyrone Mings, Matt Targett; Douglas Luiz (Conor Hourihane), John McGinn; Trezeguet, Ross Barkley (Bertrand Traore/Anwar El Ghazi), Jack Grealish; Ollie Watkins
Pelatih: Dean Smith

Brighton & Hove Albion (3-4-1-2): Mathew Ryan; Ben White, Lewis Dunk, Adam Webster; Tariq Lamptey, Yves Bissouma, Pascal Gross (Jayson Molumby), Solomon March; Adam Lallana (Joel Veltman); Danny Welbeck, Neal Maupay (Daniel Burn)
Pelatih: Graham Potter