VMware gandeng Samsung mempercepat transformasi ke 5G

id VMware,Samsung,5G,jaringan 5G

VMware gandeng Samsung mempercepat transformasi ke 5G

(dannywilde - Fotolia)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan perangkat lunak, VMware, mengumumkan kemitraannya dengan Samsung Electronics yang mendukung para Penyedia Layanan Komunikasi atau Communication Service Providers (CSPs) dalam memenuhi tuntutan kebutuhan akan jaringan 5G.

Langkah ini juga sebagai upaya untuk mempercepat peluncuran 5G dengan mengoptimalkan seluruh portofolio yang ditawarkan oleh Samsung selama ini, dari Core ke Edge ke RAN, baik di lingkup containerized network functions (CNFs) maupun virtualized network functions (VNFs), melalui VMware Telco Cloud Platform.

"Dengan makin maraknya perkembangan jaringan 5G yang inovatif dan terbuka dalam turut mentransformasi lanskap industri saat ini, Samsung bersama VMware melihat peluang serta tingginya nilai yang bisa diraup dari menyuguhkan solusi berkelas carrier," ujar Senior Vice President and Head of Product Strategy, Networks Business di Samsung Electronics, Wonil Roh, dalam keterangan tertulisnya, Senin.

"Sehingga memudahkan CSP dalam menggeluti teknologi cloud native serta dalam menghadirkan fungsi maupun layanan jaringan di jaringan 5G milik mereka dengan efisien, tentu dengan dukungan automasi," dia melanjutkan.

Kemitraan antara Samsung dengan VMware ditujukan untuk mempercepat siklus inovasi berkat desain jaringan end-to-end yang lebih baik, serta mendukung kegesitan seperti yang dibutuhkan oleh sebuah jaringan 5G.

VMware Telco Cloud Platform mendukung CSP dalam menggelar jaringan software-defined 5G yang bersifat cloud native, sehingga proses delivery layanan dan aplikasi bisa dilaksanakan secara lebih cepat ke seluruh telco cloud yang tersebar lokasinya.

"Infrastruktur yang mendukung 5G nantinya akan bergantung pada solusi virtualized network functions (VNFs) dan containerized network functions (CNFs) yang dihantarkan dari platform-platform mutakhir, seperti software-defined telco and edge cloud platforms," kata executive vice president and general manager, Telco and Edge Cloud Business Unit, VMware, Shekar Ayyar.

"Kami sangat antusias dapat berkolaborasi bersama Samsung dalam menghadirkan solusi-solusi berkelas carrier melalui pendayagunaan portofolio VMware Telco Cloud secara optimal, sehingga CSP dapat meraih setiap momentum 5G yang hadir, sekaligus mampu mendukung mereka dalam bertransformasi menjadi inovator-inovator teknologi terkemuka," dia menambahkan.

Saat ini, keduanya tengah serius bergiat bersama-sama di laboratorium milik Samsung untuk mengoptimalkan dan mempercepat kesiapan beragam layanan Samsung VNFs dan CNFs, seperti vRAN, 5G Core, MEC, Management, hingga Analytics, dengan dukungan VMware Telco Cloud Platform.

Samsung VNFs dan CNFs telah dan selanjutnya akan terus dapat terintegrasikan dengan program VMware Ready for Telco Cloud. Program ini akan mendukung Samsung dalam turut mempercepat proses onboarding dan penggelaran layanan-layanan siap 5G milik mereka di atas VMware Telco Cloud Platform.

Program ini diharapkan akan dapat mendukung CSP dalam mempersingkat waktu sampai ia siap diluncurkan maupun waktu di mana ia mulai menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Sementara itu, analis riset senior IDC, Patrick Filkins, mengatakan investasi 5G diprediksikan akan terus melonjak secara global.

"Dan seiring waktu, CSP diharapkan akan terus dapat mengembangkan fokus cakupan bisnis mereka, tidak hanya menghadirkan Enhanced Mobile Broadband (eMBB), namun juga menjangkau hingga ke penyediaan Ultra-Reliable Low-latency Communications (URLLC) serta Massive Machine-type Communications (mMTC), dengan mengoptimalkan infrastruktur core, edge, maupun RAN mutakhir," kata Filkins.

Menurut Filkins, agar dapat makin efisien dan simultan dalam mendukung layanan-layanan mutakhir, CSP hendaknya mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi arsitektur-arsitektur mutakhir yang cloud native, sehingga dapat menghadirkan layanan dengan lebih gesit, mendukung tumbuhnya inovasi dengan lebih cepat, serta menghadirkan optimalisasi secara menyeluruh, guna memenuhi tuntutan kebutuhan pelanggan di masa kini maupun masa depan.

"Kolaborasi yang terjalin antara VMware dengan Samsung menggambarkan bagaimana kepemimpinan mereka di kancah 5G. Kami melihat kemitraan ini akan sangat menguntungkan bagi CSP terutama dengan makin gencarnya strategi untuk memoderinasi infrastruktur jaringan di kalangan mereka saat ini," ujar Filkins.