Harga sawit Riau turun

id Disbun Riau

Harga sawit Riau turun

Turunnya harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. (ANTARA/Frislidia/Antara)

Provinsi Riau (ANTARA) - Harga sawit Riau untuk minggu ini mengalami penurunan, antara lain dipicu harga minyak sawit mentah (CPO) bergerak turun sepanjang pekan ini seperti permintaan di India.

"Pada September 2020, impor CPO India tercatat 643.994 ton atau turun 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defri Hatmaja di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, harga sempat naik pada awal pekan, akan tetapi kemudian terkoreksi tiga hari berturut-turut. Minggu ini, harga CPO acuan di Bursa Malaysia untuk kontrak yang berakhir 15 Januari 2021 ambles 1,41 persen secara point-to-point.

Harga CPO kini, katanya menyebutkan, sudah berada di bawah MYR 2.900/ton ini menjadi faktor eksternal disamping itu penurunan harga sawit Riau juga dipengaruhi faktor internal.

"Turunnya harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan kenaikan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data," katanya.