Jelang libur panjang, HK cek kondisi jalan tol

id lampung, hutama karya, hk, jalan tol, tol trans sumatera

Jelang libur panjang, HK cek kondisi jalan tol

PT Hutama Karya (persero) terus memperhatikan kondisi jalan terutama di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), menjelang libur panjang akhir pekan mendatang. (Foto : Antaralampung/Doc Hutama Karya)

Lampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (persero) terus memperhatikan kondisi jalan terutama di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) menjelang libur panjang akhir pekan ini.
 
“Kita memperhatikan dan setiap hari dilakukan inspeksi. Bila ada kerusakan langsung segera diperbaiki, karena ini menjadi tanggung jawab kami,”kata Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito, di Bandarlampung, Senin

Menurutnya, salah satu penyebab kerusakan jalan ini terjadi masih banyaknya kendaraan yang melebihi muatan yang melintas di jalan tol ruas Bakter.

Selain itu, dengan pengawasan yang ketat kepada kendaraan besar yang masuk dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan, ini juga menjadi solusi mengurangi kerusakan yang yang ada di jalan tol.

Hanung menjelaskan bahwa setiap kendaraan yang over dimension overload (ODOL) akan dikenakan denda 2 kali jarak terjauh bila tidak keluar di gerbang tol terdekat seperti di Gerbang Tol Bakauheni Utara.

“Jadi kita sudah menimalkan kendaraan besar dan melebihi muatan untuk bisa masuk ke jalan tol karena dapat merusak jalan dan bisa memperpendek usia jalan,”katanya

Mengenai rest area, Hanung menjelaskan bahwa saat ini baru terdapat enam rest area yang sudah beroperasi, yaitu di KM 20B, KM 49A dan B, KM 87A dan B, serta 116A dan B.

Semua rest area yang beroperasi tersebut sudah memperhitungkan faktor kelelahan pengendara, dengan jarak yang kurang dari 50 kilometer antarrest area.

Untuk itu diharapkan kesadaran dari pengendara untuk dapat memanfaatkan rest area tersebut guna memulihkan dirinya sebelum melanjutkan perjalanannya ke tujuan.