Pilot Inggris keluar rumah sakit, simbol keberhasilan Vietnam melawan COVID-19

id vietnam,covid-19,pilot inggris,stephen cameron,vietnam airlines

Pilot Inggris keluar rumah sakit, simbol keberhasilan Vietnam melawan COVID-19

Data global, kasus baru di Vietnam terus menurun dan angka kematian nol

Hanoi (ANTARA) - Stephen Cameron (43), pilot asal Inggris yang merupakan pasien terparah COVID-19 di Vietnam, keluar dari rumah sakit pada Sabtu usai proses pemulihannya mendapat sorotan dan dianggap sebagai simbol keberhasilan negara itu dalam menangani wabah COVID-19.

Cameron adalah pilot maskapai penerbangan nasional Vietnam Airlines yang tiba di Vietnam dari Inggris pada awal Maret. Ia dirawat di rumah sakit tiga hari setelah penerbangan pertamanya di maskapai itu, dengan riwayat kunjungan ke bar di Ho Chi Minh yang menjadi salah satu klaster kasus COVID-19.

"Nyatanya saya tidak semestinya terus berada di sini, sehingga saya hanya bisa berterima kasih kepada semua pihak atas apa yang telah mereka lakukan," kata Cameron, yang kemudian meninggalkan rumah sakit dengan dengan kursi roda.

Dalam proses perawatan, tim medis menyebut Cameron, yang awalnya diidentifikasi sebagai "Pasien 91", hanya mempunyai sisa sekitar 10% kapasitas paru-paru dan sempat berada dalam kondisi kritis.

Dengan kebanyakan pasien COVID-19 di Vietnam yang berhasil sembuh, kabar satu orang pasien yang berpotensi meninggal dunia memicu limpahan semangat dari masyarakat Vietnam untuk proses kesembuhan pasien itu.

Banyak orang yang bersedia menjadi donor paru-paru, namun tim medis menyebut bahwa donor hanya boleh orang yang mengalami mati otak.

Namun di bawah perawatan yang menghabiskan dana hingga 200.000 dolar AS (setara Rp2,9 miliar), kondisi Cameron terus membaik hingga tidak lagi memerlukan donor paru-paru per Juni serta sudah tidak menggunakan alat bantu hidup.

Kesembuhan Cameron ini menjadi pencapaian bagi Vietnam yang hingga hari ini mengonfirmasi 370 kasus infeksi COVID-19 tanpa satupun kematian--angka yang relatif sangat kecil dibandingkan negara-negara lain seluruh dunia.

Hal itu terjadi berkat uji deteksi dan program karantina wilayah yang ketat dan agresif. Sejauh ini, Vietnam telah menjalankan 275.000 pengujian, yang berarti berada dalam rasio 2.825 per satu juta populasi.

Sejumlah dokter Vietnam akan mendampingi Cameron dalam penerbangan khusus kembali ke Inggris, demikian dilaporkan oleh media pemerintah.

"Segera setelah saya kembali bugar, saya akan kembali (pada pekerjaan saya). Saya masih seorang pilot, kendati lisensi saya ditangguhkan, itu saja," ujar Cameron.

Sumber: Reuters