Ini dia kiat pilih bahan racikan minuman lezat nan sehat selama pandemi

id smoothie,mixologist,jus

Ini dia  kiat pilih bahan racikan minuman lezat nan sehat selama pandemi

Ilustrasi smoothie (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Kesehatan menjadi prioritas utama dalam fase normal baru di mana virus corona masih berdampak kepada kehidupan sehari-hari.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi adalah salah satu upaya meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus.

Anda juga dapat meracik sendiri minuman lezat dan sehat sendiri di rumah, berikut adalah kiat memilih bahan yang tepat dari Mixologist Kenny Soetomo, National Runner-Up pada World Class Indonesia Cocktail Competition 2016 dan pemenang Australian National Suntory Cocktail Connoisseur 2014.

"Kita mau nge-boost imunitas, bahannya harus segar," kata Kenny dalam kelas virtual Traveloka Experience, Kamis (9/7).



Pilihlah buah-buahan dan sayuran segar yang sedang banyak dijual. Buah dan sayur yang sedang musim pasti lebih manis dan lezat, serta tentu harganya lebih terjangkau.

Jika memaksakan diri membeli buah yang sedang tidak musim, jangan kaget bila sulit mendapatkan buah dengan rasa yang manis.

Belilah sayur dan buah dari petani lokal. Selain membantu perekonomian lokal, hasil bumi Indonesia tentunya lebih segar karena tak perlu waktu lebih lama untuk distribusi. Tak ada proses tambahan agar buah dan sayurnya lebih awet ketika tiba di tangan pembeli.

Selain itu, tambahkan rempah-rempah ke dalam minuman Anda. Rempah seperti kayumanis dan cengkeh sebaiknya direbus dulu, lalu pakai air rebusannya untuk campuran minuman.

Untuk menggunakan rimpang seperti jahe dan kunyit, dia menyarankan untuk tidak menggunakan rempah yang sudah diproses menjadi bubuk.

"Rempah seperti jahe dan kunyit bisa ditumbuk, jangan yang powder," imbuh dia.

Yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan ketika sedang meracik, baik itu kebersihan diri, bahan minuman, juga alat-alat yang digunakan.

Sebagai pelengkap, Anda bisa memilih wadah minuman yang cantik atau tambahkan garnish sesuai selera agar tampilan lebih menarik.
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar