Aceh kini catat 53 kasus COVID-19

id Aceh,Covid-19,Pemprov Aceh,Virus Corona,Banda Aceh,Aceh Besar,Virus,Positif,Berita Aceh,Berita Corona,Pemerintah Aceh,Pe

Aceh kini catat 53 kasus COVID-19

Arsip Foto - Petugas medis mengambil sampel swab tenggorokan salah seorang warga dalam pemeriksaan swab massal terkait COVID-19 di Kota Banda Aceh, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh (ANTARA) - Tiga warga di Provinsi Aceh terkonfirmasi positif COVID-19, Rabu, sehingga jumlah pasien terpapar virus corona di provinsi paling barat Indonesia tersebut telah berjumlah 53 kasus sejak pertama kasus terdeteksi pada Maret 2020.

"Tiga kasus terbaru masing-masing berinisial NB, H, dan WH, ketiganya sedang dirawat di respiratory intesive care unit (RICU) RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh," kata Jubir COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Rabu.

Jubir yang akrab disapa SAG itu menjelaskan NB merupakan perempuan berusia 65 tahun asal Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, yang menjalani operasi usus buntu di Rumah Sakit Rumah Umum Meuraxa Kota Banda Aceh, beberapa waktu lalu.

"Tiga hari setelah operasi, kondisi NB tampak semakin membaik, namun pada foto thorax, bagian dada, terlihat ada gejala infeksi virus corona," ujarnya.

Tim medis kemudian memutuskan untuk melakukan uji usap (swab) hidung dan tenggorokan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Balai Litbangkes Aceh.

"Hasil PCR menunjukkan NB positif COVID-19, dan dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, untuk perawatan lebih lanjut," katanya.

Sedangkan H, laki-laki berumur 56 tahun, berdomisili di Kuta Alam Banda Aceh, namun berasal dari Kota Pekan Baru berdasarkan alamat yang tertera di kartu tanda penduduk (KTP). Dia terdeteksi positif berdasarkan tes usap PCR di Balai Litbangkes Aceh, yang saat ini juga sedang dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

Sedangkan pasien berinisial WH, remaja 18 tahun asal Sumatera Utara yang berobat ke RSU Meuraxa Banda Aceh dengan keluhan demam dan penyakit penyerta lainnya. Namun dari hasil foto rontgen memberlihatkan tanda-tanda yang menyerupai terinfeksi virus corona, dan hasil konfirmasi uji usap PCR menunjukkan bahwa WH juga positif terpapar COVID-19.

"RSU Meuraxa juga merujuk pemilik KTP Kota Medan (berinsial WH, red) itu ke RSUD Zainol Abidin Banda Aceh untuk perawatan lebih lanjut," katanya.

Secara kumulatif, Aceh telah mencatat 53 kasus warga positif terpapar COVID-19, dengan rincian 20 orang telah sembuh, dua orang meninggal, dan selebih masih dalam penanganan tenaga medis.