Pariwisata Aceh siap terapkan normal baru

id Aceh,pariwisata,new normal,normal baru,virus corona,covid-19,pemerintah aceh,provinsi aceh,pemprov aceh

Pariwisata Aceh siap terapkan normal baru

Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi. ANTARA/ M Haris SA

Banda Aceh (ANTARA) - Kalangan pelaku pariwisata di Aceh menyatakan siap menjalani tatanan normal baru di tengah pandemi COVID-19 yang kini masih berlangsung.

Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh Azwani Awi di Banda Aceh, Senin mengatakan tatanan normal baru tersebut untuk membangkitkan pariwisata Aceh yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Pelaku pariwisata di Aceh siap menjalani tatanan normal baru. Bahkan ada yang sudah destinasi pariwisata di Aceh yang sudah menerapkannya pola serupa dengan normal baru," kata Azwani Awi.

Azwani menyebutkan destinasi pariwisata yang sudah menerapkan tatanan normal baru tersebut seperti taman hutan kota di Kota Langsa. Taman tersebut sempat tutup beberapa bulan dan kini sudah dibuka sejak lebaran lalu.

Menurut Azwani, pengelola taman tersebut menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 seperti yang ditetapkan pemerintah. Setiap pengunjung wajib memakai masker dan tetap menjaga jarak.

"Tentunya setiap pengunjung menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Termasuk memeriksa identitas pengunjung, sehingga jika ada yang positif COVID-19 bisa dilacak riwayat perjalanannya," kata Azwani Awi.

Selain di taman hutan kota, kata Azwani, beberapa destinasi pariwisata lainnya juga sedang bersiap menjalani tatanan normal baru. Persiapan tersebut sebagai langkah menghadapi bangkitnya kembali sektor pariwisata di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Kini, tergantung bagaimana sikap pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pelaku pariwisata di Aceh siap menjalani tatanan normal baru seperti yang ditetapkan pemerintah," kata Azwani Awi.