Selama pandemi virus corona penggunaan Wifi secara global meningkat

id opensignal,wifi,sinyal,virus corona,internet

Selama pandemi virus corona penggunaan Wifi secara global meningkat

Ilustrasi penggunaan Wifi pada perangkat mobile (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan analitik mobile Opensignal berbagi data temuan waktu penggunaan Wifi secara global yang meningkat selama pandemi virus corona seiring dengan arahan untuk tetap berada di rumah dalam upaya memutus rantai penyebaran virus tersebut.

“Di beberapa negara, persentase waktu yang dihabiskan masyarakatnya untuk terhubung ke jaringan Wifi dapat meningkat bahkan sebelum pemerintah memberlakukan tindakan karantina secara resmi,” demikian hasil temuan Opensignal yang dibagikan, Selasa.

Riset Opensignal menunjukkan persentase waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke jaringan Wifi meningkat di Hong Kong, beberapa minggu sebelum adanya perubahan signifikan di sebagian besar wilayah Asia lainnya.

Opensignal menemukan adanya lonjakan terhadap waktu penggunaan Wifi dari minggu ke minggu di Filipina pada minggu ketiga Maret, yang dimulai pada 16 Maret, sebanyak 20 hingga 25 persen, di mana pulau utama negara tersebut sedang dalam masa karantina.

Negara lain juga mengalami peningkatan yang signifikan pada minggu ketiga Maret, termasuk Malaysia (10 hingga 15 persen), juga Australia dan Thailand masing-masing tiga sampai enam persen.

Namun, waktu penggunaan Wifi menurun di Korea Selatan, kemungkinan dikarenakan berkurangnya kekhawatiran masyarakat setempat untuk sementara ini.

Sementara itu, banyak negara di Eropa juga menunjukkan adanya peningkatan yang besar terhadap persentase waktu yang dihabiskan pengguna ponsel pintar untuk terhubung ke jaringan Wifi pada minggu ketiga Maret.

Sampai saat ini, lonjakan dari minggu ke minggu tertinggi dicatat oleh pengguna di Spanyol (20 hingga 25 persen) bersamaan dengan lockdown yang diberlakukan di negara tersebut setelah dinyatakan sebagai negara kedua terparah di Eropa yang dilanda wabah COVID-19.

Italia bahkan mengalami perubahan ini lebih awal (3 hingga 6 persen), dengan peningkatan yang sudah dimulai pada minggu terakhir bulan Februari.

Riset Opensignal di Amerika Utara, juga menemukan adanya peningkatan signifikan dalam persentase waktu yang dihabiskan pengguna ponsel pintar untuk terhubung ke jaringan Wifi pada minggu ketiga Maret, dimulai pada 16 Maret, dengan perubahan terbesar yang terjadi di Kanada (6-10 persen).

Pada 15 Maret, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk tidak melakukan pertemuan yang terdiri dari 50 orang atau lebih selama delapan minggu ke depan. Minggu ketiga Maret juga dimulai dengan adanya penutupan sejumlah bar, teater, dan bioskop di New York.

Peningkatan penggunaan Wifi juga terjadi Amerika Selatan. Pengguna di Argentina, Brasil, dan Peru menghabiskan waktu penggunaan Wifi lebih banyak pada minggu ketiga Maret, dimulai pada 16 Maret, dimana Peru mengalami peningkatan dari minggu ke minggu terbesar, yakni 15-20 persen.