Pemkab Mukomuko libatkan pihak ketiga tanam mangrove

id Mukomuko,Mangrove

Pemkab Mukomuko libatkan pihak ketiga tanam mangrove

Komunitas Mangrove Mukomuko yang terdiri atas Pecinta Alam Mukomuko dan KPA Oleng Adventure Team menanam bakau di sepanjang daerah aliran Sungai Manjuto di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. (ANTARA/HO/Istimewa)

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melibatkan pihak ketiga atau perusahaan pengadaan barang dan jasa yang berbadan hukum untuk menanam 2.000 pohon di sepanjang pinggir pantai yang mengalami abrasi.
 

"Awalnya kami mengambil kelompok atau komunitas masyarakat yang peduli lingkungan untuk menanam pohon mangrove, karena kelompok tidak berbadan hukum sehingga kami menggunakan perusahaan pengadaan barang dan jasa yang berbadan hukum,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Nasyyardi di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyatakan awalnya instansinya berencana menggunakan beberapa kelompok masyarakat yang peduli lingkungan di daerah ini dalam kegiatan penanaman itu karena mereka rutin menanam mangrove.

Akan tetapi, katanya, kelompok mereka belum berbadan hukum untuk melaksanakan proyek atau kegiatan tersebut.

Meskipun pelaksana kegiatan ini oleh pihak ketiga, kata dia, tetap ada partisipasi dari kelompok masyarakat yang peduli lingkungan.

Ia mengatakan pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana penanaman mangrove sekitar Rp40 juta.

Dana tersebut untuk belanja 2.000 bibit mangrove, upah penanaman dan pemeliharaan tanaman sampai tumbuh.


Instansinya sampai sekarang belum menetapkan calon lokasi pantai di daerah setempat yang terkana abrasi untuk kegiatan tersebut.

“Kami akan melakukan survei untuk menentukan lokasi lahan penanaman pohon mangrove,” ujarnya.


Baca juga: Indonesia suarakan perlindungan ekosistem mangrove dalam panel internasional

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar