AS dan China siap berunding lagi

id Perang dagang China dan AS,tariff baja AS,produk China, diplomat Wang Yi

AS dan China siap berunding lagi

Ilustrasi perang dagang China lawan Amerika Serikat (AS) (antaranews/youtube.com)

Bandarlampung (ANTARA) - Amerika Serikat dan China sedang mempersiapkan putaran lain perundingan perdagangan tingkat tinggi pada awal Oktober di Washington untuk mencoba mencari jalan keluar dari perang dagang hampir 15 bulan mereka.

CNBC melaporkan pada Kamis (26/9/2019) bahwa pembicaraan dijadwalkan untuk 10-11 Oktober di Washington, mengutip orang-orang yang mengetahui pengaturan tersebut.

Kantor Perwakilan Dagang AS tidak menanggapi pertanyaan tentang tanggal, yang jauh setelah perayaan di Beijing untuk peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China pada 1 Oktober.

Setelah dua tahun berselisih tentang tuntutan AS agar China melakukan perubahan besar-besaran untuk melindungi dan mengakhiri pencurian dan pemindahan paksa kekayaan intelektual AS, dua negara ekonomi terbesar di dunia itu telah menumpuk ratusan miliar dolar dalam tarif untuk produk masing-masing, mengguncang pasar keuangan dan mengganggu rantai pasokan global.

Trump pada Rabu (25/9/2019) mengatakan bahwa kesepakatan perdagangan dengan China dapat datang lebih cepat dari yang dipikirkan orang, dan memuji pembelian China.

Dalam pidatonya di pertemuan tahunan para pemimpin dunia pada Selasa (24/9/2019), Trump mengeluarkan teguran keras terhadap praktik perdagangan China dan model pembangunan yang dipimpin negara. Dia mengatakan bahwa dia tidak akan menerima "kesepakatan buruk."