Pelatih Tanzania berang dua keunggulan terbuang berakhir kekalahan

id emmanuel amunike,timnas tanzania,timnas kenya,piala afrika,piala afrika 2019

Pelatih Tanzania berang dua keunggulan terbuang berakhir kekalahan

Ekspresi pelatih tim nasional Tanzania, Emmanuel Amunike, saat mendampingi timnya menghadapi Kenya dalam laga kedua penyisihan Grup C Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Kamis (27/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Tanzania Emmanuel Amunike marah besar dan melontarkan kritik pedas kepada para pemainnya yang gagal menjaga dua keunggulan atas Kenya dalam laga kedua Grup C Piala Afrika 2019 dan berakhir dengan kekalahan skor 2-3.

Duet penyerang Simon Msuva dan Mbwana Samatta dua kali membawa Tanzania unggul, dua kali pula mereka gagal menjaganya sampai akhirnya gol gelandang Johanna Omolo dan dwigol penyerang Michael Olunga membuat Kenya menang di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Jumat pagi WIB.

"Terlalu banyak hal-hal 'gila'...kami melakukan terlalu banyak kesalahan," kata Amunike dalam komentar purnalaga dilansir Reuters.

Amunike bahkan menegaskan bahwa ia hanya bisa memberi arahan dari tepi lapangan dan penentu hasil pertandingan tetaplah para pemain yang kali ini gagal menuntaskan tugas dengan baik.

"Anda melatih strategi terus menerus, namun pemain adalah pemain dan sebagai pelatih Anda hanya bisa berdiri di tepi lapangan tak bisa berbuat apapun," katanya.

Kekalahan dari Kenya membuat Tanzania tetap nirpoin dan nyaman di dasar klasemen Grup C dalam penampilan kedua mereka di putaran final Piala Afrika tersebut.

Pasukan Taifa Stars kini di ambang nasib serupa hampir 40 tahun silam, ketika kiprah mereka di edisi 1980 hanya terhenti di fase grup dengan koleksi satu poin saja.

Secara matematis, Tanzania masih bisa lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik jika menang di laga pamungkas dengan selisih skor besar dan hasil-hasil di grup lain berpihak kepada mereka, namun secara rasional peluang mereka hampir nol persen.

Terlebih dalam laga pamungkas Grup C di Stadion Al Salam, Kairo, pada Selasa (2/7) dini hari WIB, Tanzania akan menghadapi pemuncak klasemen sementara Aljazair (6) yang sudah lolos ke babak 16 besar.