Rumah Makan Menu Jengkol Hadir di Jakarta

id Rumah makan jengkol

Rumah Makan Menu Jengkol Hadir di Jakarta

Tongseng jengkol dan pasta jengkol ( (ANTARA News/Dyah Dwi)

Ide pertama istri hobi makan jengkol dan baunya dibawa pulang jadi saya mengolah agar tidak bau, kata Fatoni

Jakarta (Antaranews Lampung ) - Berbagai menu jengkol, dari tongseng hingga pasta, kini hadir di rumah makan di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Berbagai menu dihasilkan dari uji coba sendiri, kata pemilik salah satu rumah makan yang hanya menyediakan makanan olahan jengkol, Fatoni (48).

Setidaknya olahan yang ditawarkan di rumah makan ini, antara lain, soto Betawi, tongseng, balado, rendang, semur, mi goreng, nasi goreng, pasta, bahkan kopi jengkol.

"Ide pertama istri hobi makan jengkol dan baunya dibawa pulang jadi saya mengolah agar tidak bau," kata Fatoni.

Lelaki yang dulu belajar seni lukis itu mengaku memiliki hobi memasak dan mencoba menciptakan resep sendiri untuk selanjutnya dicoba orang-orang terdekatnya.

"Kalau teman terdekat setelah coba bilang 'enak' saya keluarkan jadi menu," kata Fatoni.

Sementara itu, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang mencoba beberapa menu jengkol menilai rasanya enak dan tidak berbau.

"Ini bagian dari keajaiban cita rasa makanan Indonesia dengan bumbu-bumbu yang membentuk makanan yang dibayangkan seperti bercita rasa surga," kata Hasto.

Politisi asal Yogyakarta itu pun mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi jengkol karena khasiatnya banyak, di antaranya mencegah jantung koroner, diabetes, maag, bermanfaat untuk penguatan tulang gigi, meningkatkan protein dan menstabilkan organ vital pada tubuh.

Ia pun berharap jengkol yang merupakan kuliner Nusantara kembali populer, seperti pesan Bung Karno agar dari lidah dan perut rakyat Indonesia tidak terjajah oleh makanan impor.