Peternak kambing juga dilatih cara membuat pakan ternak

id ternak kambing, pakan,dpd ri, anang

Peternak kambing juga dilatih cara membuat pakan ternak

Sejumlah peternak kambing sedang mengikuti pelatihan membuat pakan di Kabupaten Lampung Timur. (antara/istimewa)

Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Sejumlah peternak kambing di Provinsi Lampung mengikuti pelatihan membuat pakan ternak yang diadakan oleh Paguyuban Peternak Kambing Domba Lampung (PPKDL).
 
"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para peternak yang hadir di acara ini. Karena para peternak dapat mengolah pakan ternak mereka dengan baik dan benar dalam waktu yang singkat dan efektif, " kata Winarno, penggagas acara sekaligus Wakil Ketua PPKDL di sela pelatihan di Desa Sribawono Kecamatan Bandar Sribawono, Kabupaten Lampung Timur, Minggu.
 
Winarno mengatakan tujuan pelatihan ini agar peternak bisa membuat pakan sendiri sehingga tidak repot lagi "ngarit" atau mencari rumput.
 
"Sehingga waktunya bisa untuk banyak mengerjakan yang lain, " ujarnya.
 
Karena kebiasanya, kata Winarno,  peternak memelihara lima kambing saja kerepotan karena harus ngarit.
 
Pelatihan pemanfaatan limbah pertanian dan industri sebagai bahan pakan ternak menuju peternak yang mandiri dan inovatif yang diikuti peternak kambing dari Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Kota Metro, KabupatenTulangbawang, Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Lampung Barat itu juga dihadiri dan difasilitasi Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah / DPD RI Anang Prihantoro.
 
Anang Prihantoro meminta para peternak mengikuti pelatihan tersebut dengan serius karena manfaatnya menambah keterampilan mereka.
 
Senator asal Provinsi Lampung ini menyatakan mendukung pelatihan tersebut dan siap memfasilitasi acara serupa yang rencanaya diselenggarakan di bulan Oktober depan di Kabupaten Tulangbawang.
 
"Karena saya ingin lebih banyak memberi manfaat pada orang lain, apalagi kepada para pahlawan ketahanan pangan di bidang peternakan ini," kata Anang.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022