Tandukan Gimenez bawa Uruguay kalahkan Mesir

id piala dunia,uruguay kelahkan mesir,luis suares, muhamed salah

Tandukan Gimenez bawa Uruguay kalahkan Mesir

Jose Gimenez melompat untuk menanduk gol semata wayang pada menit ke-89 untuk memberikan kekalahan 0-1 kepada Mesir pada pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia, Jumat, (15/6) (Foto: Net)

Yekaterinburg (Antara/Reuters) - Pemain Uruguay Jose Gimenez melompat untuk menanduk gol semata wayang pada menit ke-89 untuk memberikan kekalahan 0-1 kepada Mesir pada pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia, Jumat, ketika tim Afrika Utara itu terlihat dapat lolos dengan satu poin meski tidak diperkuat penyerang kunci Mohamed Salah.

Gimenez menanduk bola untuk menyambut tendangan bebas Carlos Sanchez dan mencetak gol yang mematahkan "kutukan" Uruguay selama 48 tahun, yakni gagal memenangi pertandingan pembukaan di putaran final Piala Dunia.

Mesir mampu bertahan selama bermenit-menit sebagian besar berkat aksi heroik kiper Mohamed El-Shenawy, yang dengan gagah berani merebut bola dari kaki Luis Suarez dan kemudian "terbang" untuk menepis sepakan voli Edinson Cavani.

Uruguay mendapatkan kekuatan dan tujuan mereka seiring berlangsungnya pertandingan dan semakin jelas bahwa Salah, yang mengalami cedera bahu pada bulan lalu, akan bertahan di bangku pemain cadangan.

Sebelum itu, Mesir jarang berada di dalam masalah pada pertandingan yang berlangsung tanpa disaksikan banyak penonton di Yekaterinburg Arena, meski tanpa Salah mereka juga hanya mampu melakukan sedikit hal untuk mengancam gol Uruguay.

Suarez menyia-nyiakan peluang bagus pada babak pertama dengan melepaskan tembakan ke sisi samping gawang ketika bola menjadi liar setelah tendangan bebas, dan memaksa El-Shenawy melakukan penyelamatan lain pada momen-momen pembukaan di babak kedua.

Absennya Salah menjadi kejutan setelah pelatih Hector Cuper mengatakan pada Kamis bahwa ia 100 persen siap bermain.

Penyerang Liverpool itu, yang berulang tahun ke-26 pada Jumat, mengalami cedera bahu pada pertandingan final Liga Champions melawan Real Madrid, dan jutaan penggemar Mesir kini semakin cemas apakah ia mampu pulih tepat waktu untuk dapat tampil di turnamen ini.

Ia kini memiliki empat hari untuk memulihkan kebugarannya, sebelum Mesir menghadapi Rusia di St Petersburg Selasa depan, sedangkan Uruguay akan bermain melawan Arab Saudi pada Rabu di Rostov.