Neymar, Ronaldo dan Messi bersaing sebagai pemain terbaik

id neymar-messi-ronaldo bersaing

Neymar, Ronaldo dan Messi bersaing sebagai pemain terbaik

Neymar, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (FOTO: REUTERS/Arnd Wiegmann)

London (Antara/Xinhua-OANA) - Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Neymar, Jumat, ditetapkan sebagai calon penerima penghargaan Pemain Terbaik FIFA.


Sementara itu, penyerang Venezuela Deyna Castellanos, pemain tengah Carli Lloyd dari Amerika Serikat dan Lieke Martens dari Belanda bersaing dalam kategori pemain terbaik perempuan.


Upacara penyerahan penghargaan akan berlangsung di London pada 23 Oktober.


Ronaldo, yang mengincar penghargaan itu untuk tahun kedua, memainkan peranan kunci bagi Real Madrid dalam memboyong piala Liga Champions dan La Liga tahun ini.


Messi, sang pemenang penghargaan Ballon d'Or FIFA sebanyak lima kali, merupakan pencetak gol terbanyak di La Liga musim terakhir, dengan membukukan 37 gol untuk Barcelona. Ballon d'Or pada tahun lalu diganti menjadi penghargaan Terbaik FIFA.

Sementara itu, Neymar adalah pencetak 20 gol dan 27 kali menjadi pengumpan gol dalam 45 pertandingan bagi klub Catalan selama 2016-2017.


Neymar bulan lalu bergabung dengan Paris Saint Germain setelah hengkang dari Barcelona, dengan rekor nilai transfer sebesar 222 juta euro (sekitar Rp3,5 triliun).


Para kandidat untuk penghargaan penjaga gawang terbaik adalah veteran Juventus Gianluigi Buffon, Keylor Navas dari Real Madrid serta Manuel Neuer asal Bayern Munich.


Manager Real Madrid Zinedine Zidane kemungkinan akan muncul sebagai sosok pertama kali yang meraih penghargaan sebagai pemain terbaik sekaligus pelatih terbaik.


Zidane tiga kali meraih penghargaan, yang sebelumnya disebut dengan FIFA World Player of the Year.


Namun untuk merebut kategori pelatih terbaik tahun ini, ia harus bersaing dengan pelatih Chelsea Antonio Conte serta bos Juventus Massimiliano Allegri.


ANTARA/XINHUA
Tia Mutiasari