Adipati Surya: Ajarkan Anak-Anak Sejak Dini Cegah Korupsi

id raden adipati surya, bupati way kanan, lomba lukis karikatur hari anti korupsi

Adipati Surya: Ajarkan Anak-Anak Sejak Dini Cegah Korupsi

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya saat membuka lomba melukis memperingati Hari ANti KMorupsi Internasional di Way Kanan. (Foto: Humas Pemkab Way Kanan)

...Kita harus mampu menimalisasi terjadinya kasus korupsi. Ini adalah salah satu upaya dalam rangka mencegah terjadinya korupsi disesuaikan dengan kapasitas kita masing-masing...
Way Kanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menyatakan anak-anak perlu diajarkan sejak dini tentang korupsi, baik pencegahan maupun bahayanya, sehingga tertanam jiwa anti korupsi.

"Korupsi merupakan faktor utama yang menyebabkan keterpurukan bangsa ini dalam melakukan pembangunan dalam segala bidang. Jadi kita sejak dini harus memberikan pengertian tentang apa itu korupsi kepada anakn-anak," kata Bupati saat membuka lomba melukis karikatur  memperingati Hari Anti Korupsi, di SMAN 1 Blambangan Umpu, beberapa hari lalu.

Lomba yang melibatkan 52 siswa yang berasal dari 14 kecamatan di Way Kanan tersebut bertujuan menanamkan jiwa anti korupsi di kalangan pelajar.

Menurut Adipati, tanpa disadari korupsi muncul dari kebiasaan yang dianggap lumrah dan wajar oleh masyarakat umum. Misalnya perbuatan curang suap menyuap dan memberi hadiah kepada pejabat atau pegawai negeri atau keluarga sebagai imbal jasa sebuah pelayanan.

"Kita harus mampu menimalisasi terjadinya kasus korupsi. Ini adalah salah satu upaya dalam rangka mencegah terjadinya korupsi disesuaikan dengan kapasitas kita masing-masing. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun dan menumbuhkan rasa anti korupsi di kalangan pelajar sejak dini sehingga lahir metalitas-metalitas anti korupsi di kalangan pelajar," tegasnya.

Mantan Ketua DPRD Way Kanan ini juga berharap peringatan Hari Anti Korupsi ini dapat dijadikan motivasi generasi muda, yang memiliki peran penting sebagai ujung tombak membantu melawan dan membasmi korupsi.

"Mari kita bersama lapisan masyarakat Way Kanan bekerja aktif, bahu membahu, menggerakan potensi kebaikan yang ada di tengah-tengah masyarakat dalam memerangi korupsi," kata Bupati.

Ketua pelaksana kegiatan, Saiful mengatakan, kegiatan lomba melukis karakatur ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Anti Korupsi Internasional.

"Tujuan pentingnya adalah upaya menanamkan sikap mental anti korupsi dan menanamkan sifat jujur kepada para siswa. Harapannya dapat memberantas korupsi di Kabupaten Way Kanan," katanya.

Menurut Saiful, hasil lukisan yang meraih juara akan dilelang kepada bupati, wakil bupati, sekda dan para kepala SKPD di lingkup Pemkab Way Kanan dan uang hasil lelang akan diserahkan kepada siswa yang telah berhasil sebagai juara dan diperuntukan membuat kantin Anti Korupsi di sekolah masing-masing.

Panitia menyiapkan hadiah tropi dan uang. Juara satu Rp2,5 juta, juara II Rp2 juta, dan juara III Rp1,5 juta, Harapan I Rp1 juta, Harapan II Rp750 ribu dan Harapan III  Rp500 ribu. (Ant)