Kabupaten Way Kanan Pamerkan Pepaya dan Belimbing di Fruit Indonesia 2016

id fruit indonesia 2016, maulana muhidan, kepala dinas pertanian, peternakan way kanan

Kabupaten Way Kanan Pamerkan Pepaya dan Belimbing di Fruit Indonesia 2016

Fruit Indonesia digelar pada 17--20 November 2016 di Jakarta (Foto : Net)

...Kita bawa dua buah ini (pepaya dan belimbing) karena sudah teruji enak, lezat dan beda dari buah lainnya yang ada," katanya...
KABUPATEN WAY KANAN PAMERKAN PEPAYA DAN BLIMBING


Jakarta (ANTARA Lampung) - Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, memamerkan buah pepaya dan belimbing dalam keikutsertaaanya di "Fruit Indonesia 2016" di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Dua jenis buah tersebut merupakan buah asli dari Kabupaten Way Kanan, pepaya berasal dari Kecamatan Kasui dan belimbing dari Kecamatan Pakuan Ratu, kata Kepala Dinas Pertanian, Perternakan dan Perikanan Way Kanan, Maulana Muhidan ketika dihubungi, Kamis.

Ia menjelaskan, Fruit Indonesia 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian dan Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian muali 17--20 November itu merupakan bagian Gerakan Revolusi Orange untuk mengeksplorasi kekayaan buah nusantara dan mempromosikan potensi ekspor ke mancanegara.

Menurut Maulana, buah yang akan dipamerkan merupakan khas Kabupaten Way Kanan, walaupun banyak daerah yang menghasilkan kedua buah ini, tetapi buah ini sangat berbeda dengan lainnya. Selain dari bentuk dan rasa, tanaman buah ini menggunakan pupuk kompos.

Diharapkan, melalui pemaran ini masyarakat bisa mengetahui potensi yang ada di Kabupaten Way Kanan khususnya di bidang pertanian.

"Kita bawa dua buah ini (pepaya dan belimbing) karena sudah teruji enak, lezat dan beda dari buah lainnya yang ada," katanya.

Para pengunjung pameran dapat menikmati buah-buah tersebut secara gratis agar bisa merasakan perbedaan antara buah papaya dan belimbing khas Way Kanan dengan hasil buah dari daerah lainnya.

"Walaupun hanya bawa dua buah, semuanya menggunakan pupuk kompos, jadi rasanya lebih asli," tegasnya.

Maulana mengharapkan ke depan bukan hanya kedua buah ini tetapi banyak buah yang akan dipamerkan pada setiap pameran pertanian, baik tingkat lokal, provinsi maupun nasional.

Pembukaan pameran Fruit Indonesia 2016 dihadiri Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri BUMN Rini M. Soemarmo, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Fruit Indonesia 2016 merupakan festival ke-4 yang digelar sejak 2013, sebelumnya dikenal dengan nama Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN). Gelaran tahun ini fokus untuk memperkenalkan buah-buahan nusantara.

Pembangunan industri buah nusantara diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan menjadikan buah nusantara sebagai tuan rumah juga pangsa ekspor ke mancanegara. (Ant)