Penderita kanker payudara juga serang kaum muda

id kanker payudara, penyakit kanker

Penderita kanker payudara juga serang kaum muda

Kanker payudara merupakan ancaman penyakit mematikan yang dominan di Indonesia. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-www.alodokter.com)

Jakarta  (Antara Lampung) - Kepala Subdirektorat Pengendalian Penyakit Kanker Kementerian Kesehatan dr Niken Palupi mengatakan perempuan penderita kanker payudara di Indonesia semakin muda usianya.
         
"Dulu rata-rata perempuan terkena kanker payudara pada usia 40 tahun ke atas. Saat ini, usia 20-an tahun sudah ada yang terkena kanker payudara," kata Niken dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis.
        
Niken bahkan mengatakan mendapat laporan tentang pasien berusia 21 tahun yang sudah terkena kanker payudara stadium 4.
         
Menurut Niken, penyakit tidak menular, termasuk kanker, menjadi masalah kesehatan utama di dunia dan di Indonesia. Secara nasional, prevalensi kanker di Indonesia pada 2013 adalah 1,4 per 1.000 penduduk atau sekitar 330.000 jiwa.
         
"Salah satu kanker tertinggi di Indonesia adalah kanker payudara dengan insiden 40 per 100.000 perempuan. Jumlah itu diperkirakan akan semakin meningkat seiring dengan perubahan pola hidup penduduk Indonesia," tuturnya.
         
Karena itu, Niken mengajak perempuan Indonesia untuk mendeteksi risiko kanker payudara melalui pemeriksaan payudara sendiri (sadari) dan pemeriksaan payudara klinis (sadanis) di tempat layanan kesehatan (Ant)