PDI Perjuangan Lampung Barat Gelar Diklat Kader

id pdip lambar diklat, muklis basri,

PDI Perjuangan Lampung Barat Gelar Diklat Kader

Sekretaris badan diklat Pusat DPP PDI Perjuangan, Eva Sundari (tengah), wakil ketua DPD PDI Provinsi Lampung, Mukhlis Basri (Kanan), ketua DPC PDI Perjuangan Lambar, Parosil Mabsus saat pembukaan diklat pratama kader PDI. (FOTO:ANTARA Lampung/Ist))

...Apa yang menjadi cita-cita PDI Perjuangan dapat terwujud jika PDI Perjuangan memiliki struktur yang terpimpin, kader ideologis militan dan basis massa yang terorganisir dengan baik, ujar Parosil...
Lampung Barat (ANTARA Lampung) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Barat, Senin, menggelar pendidikan dan pelatihan bagi 80 orang kader dari tingkat DPC, PAC, hingga ranting bertujuan untuk pemahaman tentang ideologi partai.

Menurut ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat H Parosil Mabsus SPd, di Lampung Barat, Selasa, kegiatan yang diselenggarakan sejak 24 Mei dan akan berlangsung hingga 27 Mei mendatang itu, bukan sekadar untuk memenuhi agenda partai atau menggugurkan kewajiban sebagai kader partai, namun dilaksanakan untuk memupuk kembali kesadaran ideologis para kader partai berlambang kepala banteng moncong putih itu.

Dia menambahkan, selain mewujudkan amanat Kongres III PDI Perjuangan dan cita-cita Proklamasi kemerdekaan, menurut Parosil yang juga dipastikan akan maju pada Pilkada Lampung Barat 2017 itu, diklat bagi para kader PDI Perjuangan itu merupakan upaya untuk mengingatkan kembali ideologi partaibagi seluruh kader di tengah arus pragmatisme politik.

"Cita-cita kembali ke jalan ideologi, mewujudkan Trisakti dan memperjuangkan wong cilik seperti yang dilakukan Bung Karno lebih utama dari sekadar urusan kursi di eksekutif dan parlemen," kata Parosil mengutip kata-kata Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Apa yang menjadi cita-cita PDI Perjuangan, ujarnya lagi, dapat terwujud jika PDI Perjuangan memiliki struktur yang terpimpin, kader ideologis militan dan basis massa yang terorganisir dengan baik.

"Kunci dari kesemua itu adalah kader yang berideologi, militan, dan berada di garis massa. Kader yang dapat dengan jernih membedakan antara kepentingan pribadi, kepentingan partai, kepentingan massa rakyat, bangsa dan negara.

Menurut Parosil, dengan semangat gotong-royong, kerja keras, partai yang dipimpin oleh Megawati Sukarnoputri ini mampu menjadi kekuatan politik dominan.

Hal tersebut, katanya lagi, terbukti dengan berhasil diraih 13 kursi di legislatif. Selain itu, PDI Perjuangan Lampung Barat juga berhasil mendudukkan kader-kader terbaiknya sebagai pucuk pimpinan eksekutif dan legislatif.

Namun hal tersebut menurut Parosil, jangan sampai membuat para kader lengah, kemenangan Pilkada 2017 mendatang, Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 merupakan target politik PDI Perjuangan Lampung Barat selanjutnya yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Menurutnya, hingga saat ini PDI Perjuangan Lampung Barat juga sudah melaksanakan konsolidasi internal di semua tingkatan. Dia menyatakan, dari konsolidasi tingkat DPC, PAC sampai Anak Ranting telah dilalui tanpa proses yang berlarut-larut.

"Menjadi partai ideologis bukanlah pilihan mudah, karena membutuhkan waktu, disiplin dan ketekunan semua pihak untuk mewujudkannya. Dalam kaitan itu pula, partai wajib memastikan terlaksana pendidikan dan sekolah kader yang sistematis, terstruktur, masif dan berkelanjutan sebagai sarana pembelajaran kader partai di semua tingkatan," ujarnya.

Parosil berharap, Badiklat PDI Perjuangan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, bersinergi dengan semua pihak dalam mencetak kader-kader partai yang berkesadaran marhaen dan menjadi tulang punggung tegaknya partai ideologis.

"Saya juga berharap pascadiklat pratama, energi partai menjadi semakin berlipat. Kader-kader yang mengikuti pendidikan dapat menelurkan ilmu yang didapat kepada kader lainnya dan memenangkan Pilkada Lampung Barat 2017 dengan jalan ideologi," kata Parosil Mabsus pula. (Ant)