Kementerian Desa siap bantu kampung KB

id menteri desa, marwan jafar, kampung kb, bkkbn

Kementerian Desa siap bantu kampung KB

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar (FOTO ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

...Asalkan itu adalah yang terbaik untuk masyarakat desa, pasti kita dukung. Dan kita akan saling bersinergi untuk ini," kata Marwan...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) siap membantu program Kampung Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Asalkan itu adalah yang terbaik untuk masyarakat desa, pasti kita dukung. Dan kita akan saling bersinergi untuk ini," kata Menteri Desa PDTT Marwan Jafar di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan akan membuka pintu selebar-lebarnya terhadap BKKBN, untuk mengakses informasi yang dibutuhkan program tersebut.

Tidak hanya kepada BKKBN, menurut dia, pihaknya juga bersedia bertukar informasi dengan kementerian dan lembaga lainnya, selama hal tersebut digunakan untuk kemajuan desa.

"Kalau BKKBN butuh data tentang desa, akan kita berikan. Kalau soal data desa, memang sudah tepat datang ke sini selama itu untuk kepentingan masyarakat desa, pasti akan kita bantu," ujarnya.

Program Kampung KB, menurut Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, program BKKBN yang akan dibangun di lokasi padat penduduk. Selain untuk menekan pertumbuhan populasi, program ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Program KB katakanlah saat ini menurun, jadi harus ada yang menggalakkan. Presiden juga menekankan sekali, bahwa kita harus kerja keras untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk," kata Surya Chandra Surapaty.

Sebagai informasi, tingkat pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini mencapai 1,49 persen. Ini tidak sebanding dengan target pemerintah yang berupaya menekan populasi menjadi 1,1 persen. (Ant)