Menkopolhukam jamin pemerintah tak telantarkan eks Gafatar

id menkopolhukam, luhut panjaitan, eks gafatar

Menkopolhukam jamin pemerintah tak telantarkan eks Gafatar

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

...Eks anggota Gafatar itu warga negara yang harus dilindungi, dibina dan tidak boleh asal hajar. Percayalah pemerintah akan menangani dengan baik, kata Luhut...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan menjamin pemerintah tidak akan menelantarkan eks anggota organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang dipulangkan dari Kalimantan.

"Eks anggota Gafatar itu warga negara yang harus dilindungi, dibina dan tidak boleh asal hajar. Percayalah pemerintah akan menangani dengan baik," kata Luhut di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut mengatakan telah memerintahkan jajarannya untuk melengkapi kebutuhan mantan anggota Gafatar yang berada di penampungan.

Luhut juga menyatakan proses pemulangan mantan anggota Gafatar dilakukan secara manusiawi sesuai undang-undang yang belaku.

"Kami akan mengurus mereka dengan baik. Tidak akan kami telantarkan. Saya sebagai punya tanggung jawab atas itu," kata Luhut.

Ia juga mengatakan masalah ormas Gafatar merupakan dilema negara demokrasi yang membebaskan tiap warga negaranya bertindak.

"Penanganan ini adalah dilema negara demokrasi. Harus ada penyuluhan. Itu kata kuncinya," kata dia.