Polres Lampung Utara Perkuat Pengamanan Pilkada Waykanan

id polres lampung utara, pengamanan pilkada

Kotabumi, Lampung  (ANTARA Lampung) - Polres Lampung Utara membantu pengamanan pilkada serentak di Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung dengan menerjunkan 190 personel di bawah kendali operasi Polres Waykanan.

Kabag Ops Polres Lampung Utara, Kompol R Mardian, di Kotabumi, Kamis, mengatakan, personel yang akan diterjunkan pihaknya siap untuk ditempatkan di mana pun di bawah kendali operasi (BKO) komando Polres Waykanan dalam pilkada di daerah itu.

"Dalam surat perintahnya, sebanyak 190 personel itu yang kami terjunkan, sistemnya 100 personel diterjunkan ke Waykanan dan 90 personel lagi kami siapkan apabila dibutuhkan dapat digeser ke Pesisir Barat atau Lampung Tengah yang juga melaksanakan pilkada serentak 9 Desember 2015," ujar Kompol Mardian.

Sebanyak 190 personel tersebut terdiri dari anggota polsek dan polres, seperti Sabhara, Satuan Lalu Lintas, Satuan Reskrim, dan Satuan Intel.

"Personel yang di-BKO-kan itu sudah diberlakukan mulai seminggu yang lalu hingga hari H pilkada serentak, surat perintahnya sudah ada. Kemungkinan kami juga akan melakukan gladi bersama Polres Waykanan," katanya lagi.

Sebelumnya, personel yang disiapkan untuk pengamanan pilkada itu telah dilatih Dalmas, dengan sistem pembagian pengamanan di bawah komando Polres Waykanan.

Personel dari Polres Lampung Utara siap membantu pengamanan pilkada Waykanan itu, apakah nantinya akan ditempatkan di tempat pemungutan suara (TPS), atau pengawalan surat suara maupun dalam bentuk "on call", pada prinsipnya Polres Lampung Utara siap untuk membantu Polres Waykanan.

"Dan 90 personel juga telah kami siapkan apabila ada pergeseran ke Pesisir Barat dan Lampung Tengah, karena semua bentuknya situasional jadi Polres Lampung Utara harus siap," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Kapolres Waykanan AKBP Harseno yang didampingi Wakapolres Kompol R Fidelis Purna mengatakan, pihaknya menyiagakan 380 personel BKO menghadapi pesta demokrasi pilkada kabupaten setempat.

"Untuk pengamanan pilkada itu, kami akan dibantu oleh anggota Polres Lampung Utara dan Tulang Bawang Barat. Alasannya, karena kedua kabupaten ini tidak sedang melakukan pilkada dan wilayahnya juga di perbatasan kita," kata dia pula.

Sedangkan untuk pengamanan ekstra akan dipusatkan pada H-1 hari pemungutan suara pilkada itu, dan H+1 penghitungan suara, di mana jajaran kepolisian setempat akan melakukan pengawalan surat suara hingga kembali ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai dengan prosesnya selesai.

Sistem pengamanannya, Polres Waykanan menggunakan pengamanan secara menyeluruh mulai dari kampung, kecamatan hingga tingkat kabupaten, ujarnya.