Ayo Ikut Lomba Lukis di atas Batu

id Ayo Ikut Lomba Lukis di atas Batu

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Dewan Kesenian Lampung yang dimotori Komite Seni Rupa siap menggelar lomba lukis untuk siswa-siswi sekolah dasar se- Bandarlampung dan sekitarnya, dengan menggunakan media lukis batu.

Kegiatan Lomba Lukis menggunakan media di atas batu ini akan digelar di Kompleks PKOR Way Halim Bandarlampung, Minggu (24/11) mendatang, kata Ketua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Lampung (DKL), Salvator Yen Joenaedy di Bandarlampung, Jumat (15/11).

Menurut dia, melukis di atas media kertas atau media kanvas adalah sebuah peristiwa biasa. Tetapi melukis di atas media batu adalah hala yang luar biasa, ujarnya pula.

Dia menjelaskan, kegitan lomba lukis ini bertujuan untuk mengaktifkan motorik otak kanan anak-anak yang mempunyai dampak positif berupa keseimbangan berpikir dan berperilaku bijaksana.

Selain itu, ujar Salvator lagi, upaya itu diharapkan dapat membantu memacu kreativitas otak siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

"Buktinya siswa-siswi yang kerap mendapatkan juara dalam ajang menggambar dan mewarnai juga mempunyai prestasi yang baik di bidang pelajaran lainnya," katanya lagi.

Salvator menambahkan, DKL menggelar lomba lukis ini memang tampil beda dengan kebiasaan lomba lukis umumnya.

"Ide ini juga merupakan hasil krestivitas.perupa," ujarnya.

Media ini, katanya lagi, ditemukan tak sengaja ketika kegiatan kemah seni bersama seniman Jerman, Polandia, Australia, dan Yogyakarta pada tahun 2011 di Pantai Pegadung Kabupaten Tanggamus, Lampung.

"Saya sudah mencoba mengembangkannya untuk cenderamata, ternyata menarik, unik dan khas. Kreativitas ini ingin saya tularkan kepada para siswa," kata Salvator pula.

Salvator yang juga pelukis Lampung itu menambahkan, pihak panitia akan menyediakan media batu dan kuas untuk media lukisnya bagi peserta lomba ini.

Lomba yang terbuka untuk siswa kelas 1 hingga kelas 6 SD ini, menyediakan hadiah yang menarik.

Bagi yang berminat ikut lomba ini bisa segera mendaftarkan diri di Toko Buku Fajar Agung Jalan Raden Intan Bandarlampung atau di Sekretariat Dewan Kesenian Lampung (DKL) Kompleks PKOR Way Halim Bandarlampung.