Tabungan "Qurma" Dapat Apresiasi

id Tabungan Kurma Dapat Apresiasi

Waykanan, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Waykanan Lampung mengapresiasi upaya sosial dan pemberdayaan peternak setempat oleh Yayasan Shuffah Blambanganumpu melalui Tabungan "Qurma" atau Qurban Jama-jama (bersama-sama).

"Saya setuju, hal semacam itu harus terjadi di Indonesia termasuk di Waykanan. Seluruh elemen bangsa patut bergerak di ranah sosial dan peberdayaan," ujar Ketua Pimpinan Muhammadiyah Waykanan Edward Anthony di Blambanganumpu, Sabtu (12/10).
  
Tabungan "Qurma" merupakan solusi berkurban kambing dengan cara yang ringan dan bermanfaat dan mulai dilaksanakan oleh Yayasan Shuffah Blambanganumpu dengan sejumlah tujuan, seperti meringankan biaya kurban karena bisa dicicil, mengeratkan ukhuwah dan kasih sayang sesama dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak kecil.

"Dengan sistem seperti itu akan mempunyai banyak keuntungan, seperti membantu orang-orang tidak mampu yang masih menjadi pekerjaan rumah negara dan daerah ini," ujar Edward yang juga Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Waykanan itu pula.

Masih tinggi tingkat kemiskinan di Indonesia termasuk Waykanan yang masih memiliki sekitar 32.000 KK warga miskin membutuhkan kepedulian sejumlah pihak untuk menurunkannya.

"Jumlah keluarga miskin tersebut masih tinggi. Sekali lagi saya setuju dengan upaya semacam itu, karena juga membantu pemasaran ternak kambing para peternak kecil, semoga upaya dilakukan membawa perubahan," ujar dia pula.

Tabungan "Qurma" dimaksudkan untuk pelaksanaan qurban Idul Adha 1435 Hijriah tahun 2014. Pihak yang ingin berpartisipasi bisa menabung Rp150.000 per bulan di sekretariat Yayasan Shuffah Blambanganumpu yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No 117 Km 2 Blambanganumpu, Waykanan, Lampung atau Galllery Faiz da Faiz.