Wah, Sushi Ternyata Tak Sesehat Perkiraan Orang

id Wah, Sushi Ternyata Tak Sesehat Perkiraan Orang

Jakarta (Antara Lampung) - Kalau orang mengira sushi adalah pilihan makan siang ringan, coba fikirkan lagi deh, sebab terbukti sushi Supermarket jauh lebih mirip dengan makanan cepat saji khas ketimbang perkiraan orang selama ini.
        
Sepasang California rolls ternyata berisi banyak kalori dan gula dua kali lebih banyak dibandingkan dengan Big Mac dan kentang goreng dari satu perusahaan makanan cepat saji.
        
Penyebabnya ialah nasi putih yang sangat nikmat yang membungkus seluruh potongan kecil ikan dan sayuran, katanya.
        
"Gulungan khas sushi berisi 290 sampai 350 kalori dan karbohidrat yang sama dengan dua-setengah sampai empat potong roti," kata ahli makanan Rachel Beller kepada The Daily Mail, yang disiarkan di Shine. Yahoo.com --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu siang. "Jadi, satu California roll sama dengan dua roti lapis yang diisi potongan kepiting, sepotong alpukat dan sedikit sayuran."
   
Bertolak-belakang dengan kepercayaan umum, kata "sushi" merujuk kepada nasi yang disajikan, biasanya, dengan ikan mentah, bukan ikan itu sendiri, yang dipandang lebih sebagai hiasan. Nasi tersebut dibumbui dengan gula-dan-garam lalu diisi cuka dan bisa jadi itu berarti 75 persen dalam setiap gigitan, kata Rachel Beller. Artinya ialah "meskipun anda memakan sayuran dan ikan yang sehat, anda mengkonsumsinya terlalu banyak dalam setiap porsi. Beras merah mungkin lebih banyak serat dan gizi tapi, tak berarti lebih sedikit karbohidrat dan gula", katanya.
        
Dua porsi Genji Sushi California --pilihan paling mudah ditemukan di pasar Whole Foods di seluruh Amerika Serikat-- berisi 740 kalori dan 22 gram gula, demikian data gizi yang diposting di Internet. Satu roti Big Mac dan porsi kecil kentang goreng berisi sebanyak 780 kalori dan sembilan gram gula, demikian laporan waralaba makanan cepat saji McDonald di jejaringnya sebagaimana dikutip.


Penerjamah : Chaidar Abdullah/A Rachma
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar