Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pringsewu sukses melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Hasil Penilaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Hotel Urban Style Pringsewu. Rabu, (16/10/24).

Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, Heri Iswahyudi, Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Pringsewu, para PPTK/Kabid, Kasubbag Perencanaan, JF Perencana, Admin SPIP dari berbagai Perangkat Daerah, APIP Kabupaten Pringsewu, serta para peserta Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan dari BPKP Provinsi Lampung, Tugino H dan  Bara Aji Anggara, yang memberikan arahan terkait pentingnya penguatan implementasi SPIP untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pringsewu.

Dalam sambutan tertulis Penjabat Bupati yang disampaikan Sekretaris Daerah Heri Iswahyudi mengatakan, Kabupaten Pringsewu menyoroti pentingnya evaluasi atas hasil penilaian SPIP Terintegrasi Kabupaten Pringsewu Tahun Anggaran 2024, terutama terkait Area Of Improvement (AOI).

Ia menyatakan harapannya agar hasil evaluasi ini dapat dijadikan acuan untuk mendukung upaya perubahan dalam Manajemen Pengendalian Intern yang terintegrasi.

"Area Of Improvement yang telah diidentifikasi dalam evaluasi ini harus menjadi dasar dalam mendukung inovasi Pemerintah Kabupaten Pringsewu, terutama dalam aspek pengendalian, pencegahan, dan pemberantasan korupsi. Hal ini penting karena risiko korupsi dapat menghambat pencapaian sasaran dan tujuan Pemerintah Daerah," jelasnya.

Ia juga menekankan bahwa perhatian harus diberikan pada hal-hal yang substansial terkait elemen penilaian yang terintegrasi dengan upaya pencegahan korupsi. Pemerintah Kabupaten Pringsewu, lanjutnya, perlu terus berinovasi dalam memperkuat pengendalian internal, sehingga dapat mencegah risiko yang berpotensi menghambat keberhasilan pembangunan daerah.

(kerja sama)


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024