Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Bandarlampung Erwin menyebutkan bahwa sebanyak 152 hewan penular rabies (HPR) mendapatkan vaksinasi saat kegiatan World Rabies Day yang dilaksanakan Minggu (29/9).

"Kami telah melaksanakan kegiatan World Rabies Day, dan sebanyak 152 HPR baik kucing, anjing maupun kera mendapatkan vaksinasi rabies secara gratis," kata Erwin, dihubungi dari Bandarlampung, Senin.

Dia mengatakan bahwa HPR yang mendapatkan vaksinasi rabies masih didominasi oleh kucing sebanyak 141 ekor, anjing tujuh ekor, dan empat ekor kera.

"Kami bersyukur adanya antusiasme masyarakat pada pelaksanaan vaksinasi rabies gratis di Taman UMKM Bung Karno kecamatan cukup tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya HPR yang divaksinasi," kata dia.

Erwin menyampaikan vaksinasi yang diberikan secara gratis ke hewan peliharaan, seperti kucing, anjing dan kera ini bertujuan untuk menekan penularan dan mewujudkan Bandarlampung bebas rabies.

"Pada tahun ini kami juga sudah melaksanakan vaksinasi gratis di setiap kecamatan dengan jumlah HPR yang mendapatkan vaksinasi sebanyak 2.183 ekor. Tentu kami harapkan ke depan tidak ada lagi kasus rabies di kota ini," kata dia.

Kepala Dinas Pertanian tersebut menyampaikan bahwa untuk 2024 terdapat satu kasus rabies, menurun dibandingkan dengan kasus pada tahun 2023.

"Catatan kami tahun 2023 ada empat kasus rabies. Jadi memang vaksinasi ini upaya kami sebagai pencegahan agar tidak ada kasus rabies lagi di Bandarlampung," kata dia.

 


Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024